Dinkes Lubuklinggau Berinovasi untuk Kegiatan Penanganan TB Paru

Dinkes Lubuklinggau Berinovasi untuk Kegiatan Penanganan TB Paru

Puskesmas Megang--

LUBUKLINGGAU, LINGGAUPOS.CO.ID - Dinas Kesehatan Lubuklinggau dalam hal ini Puskesmas Megang yang berada di Kelurahan Ponorogo, Kecamatan Lubuklinggau Utara II, Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan saat ini berinovasi untuk kegiatan Tuberkulosis (TB) Paru.

Kepala Puskesmas Megang, Muhammad Yulianto menjelaskan program unggulan yang sekarang ini masih dijalankan Puskesmas Megang tersebut, Senin 5 Desember 2022.

"Kita mencoba kegiatan inovasinya TB Paru. Kegiatan TB Paru ini merupakan penjaringan di masyarakat agar lebih aktif lagi menjaring yang terkena faktor indikasi TB paru," jelasnya.

Muhammad Yulianto menambahkan diantaranya ada prolani dan senam setiap minggu untuk orang-orang yang teridikasi penyakit hipertensi dan diabetes melitus.

"Kalau pemberiaan vitamin A dilaksanakan disekolah-sekolah dan untuk Posyandu kita juga rutin. Karena ada kader kita yang bergerak di posyandu dan sebagian karyawan kita juga datang ke posnyandu tersebut," tambahnya.

Hampir semua peserta tersebut adalah pemegang kartu kis, karena itu emang kegiatan dari BPJS yang berkoordinasi dengan puskesmas dan dilaksanakan di Puskesmas Megang Kota Lubukklinggau.

"Peserta didominasi dari wilayah Kecamatan Lubuklinggau Utara II," tambahnya.

Untuk tekhnis berobat di Puskesmas Megang, yang membawa kartu kis daftar terlebih dahulu di Pendaftaran selanjutnya sesuai dengan pilihan pasien mau berobat kemana.

"Apakah umum, ataukah lansia atau lain-lain sesuai dengan penyakit pasien tersebut," jelasnya.

Puskesmas Megang buka setiap  hari kecuali Minggu dari pukul 08.00 wib hingga pukul 13.00 wib, dan untuk hari jumat pukul 08.00 wib hingga pukul 11.00 wib.

"Untuk hari minggu kita tidak ada pelayanan tapi pelayanan langsung ke UGD yang buka selama 24 jam. Untuk kondisi yang darurat, yang penanganannya tidak mampu di Puskesmas kita rujuk rumah sakit," tutupnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: