Kapan Pemain itu Offside? Ada Dua Unsur Yang Harus Kalian Ketahui..!

Kapan Pemain itu Offside? Ada Dua Unsur Yang Harus Kalian Ketahui..!

-twitter.com/-

BACA JUGA:Ngeri..! Al Qaeda Himbau Umat Muslim Jauhi Piala Dunia 2022, Kenapa ya..!

Teknologi Offside Semi Otomatis di Piala Dunia Qatar 2022

Gol pembuka Enner Valencia itu dianulir setelah wasit mengecek tayangan VAR dibantu dengan teknologi semi otomatis yang dikenalkan FIFA pada gelaran Piala Dunia tahun ini, menyusul keberhasilan VAR pada Piala Dunia 2018 di Rusia.

Khusus untuk teknologi offside semi otomatis, terdapat 12 kamera pelacak khusus. Kamera-kamera ini dipasang di bawah atap stadion untuk melacak bola hingga 29 titik data dari setiap pemain, 50 kali per detik, menghitung posisi tepat mereka di lapangan. 29 poin data yang dikumpulkan mencakup semua anggota tubuh.

Teknologi baru ini diklaim akan mampu mendukung ofisial pertandingan video dengan membantu mereka membuat keputusan offside yang lebih akurat dan lebih dapat direproduksi dalam periode waktu yang lebih singkat.

Selain itu, teknologi 3D ditampilkan di layar stadion maupun di bagi penonton streaming serta televisi untuk menjelaskan posisi offside kepada publik.

BACA JUGA:Spanyol vs Kosta Rika: Debut Gavi vs Bennette

Teknologi baru ini telah diujicobakan dalam turnamen internasional seperti Piala Arab 021 dan Piala Dunia antarKlub 2021. Oleh karenanya, teknologi ini digunakan secara resmi pada gelaran Piala Dunia 2022.

Dampak penggunaan baru ini ini pun langsung terasa di laga Qatar kontra Ekuador saat gol Enner Valencia dianulir. Publik dapat menyaksikan siaran 3D dari teknologi itu yang cukup meredam perbedatan terkait sah atau tidaknya gol Enner Valencia.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: