Kapan Pemain itu Offside? Ada Dua Unsur Yang Harus Kalian Ketahui..!

Kapan Pemain itu Offside? Ada Dua Unsur Yang Harus Kalian Ketahui..!

-twitter.com/-

LINGGAUPOS.CO.ID - Kontroversi offside di Piala Dunia 2022 terjadi dalam laga pembukaan antara Qatar vs Ekuador di Stadion Al Bayt, Minggu 20 November 2022 lalu. 

Ketika itu, Enner Valencia sebenarnya bisa menanduk bola masuk gawang Qatar. Namun, wasit Daniele Orsato tidak mengesahkannya. 

Gol dianulir setelah Orsato mengecek video assistant referee (VAR) yang kini disempurnakan dengan teknologi offside semi otomatis.

Saat diputar ulang, tampak terdapat seluruh pemain Ekuador berada di depan salah satu pemain Qatar yang berada di area pertahanan. Namun, garis offside tidak ditarik dari pemain Qatar tersebut.

BACA JUGA:Argentina 1 vs 2 Arab Saudi: The Green Falcons Hentikan Rekor Tak Terkalahkan La Albiceleste

Di Piala Dunia 2022, The International Football Association Board (IFAB) telah mengeluarkan peraturan offside terbaru yang merupakan penyempurnaan aturan offside sebelumnya.

Dalam sepak bola offside adalah ketika pemain tim yang menyerang berada pada posisi lebih dekat ke gawang lawan daripada pemain bertahan lawan, sebelum bola diumpankan oleh rekan satu timnya.

Dalam Law of the Game yang dirilis oleh IFAB untuk edisi musim 2022/2023, dijelaskan bahwa seorang pemain dinyatakan offside jika memenuhi dua unsur berikut.

Yang pertama, bagian apapun dari kepala, badan, atau kaki sang pemain berada di wilayah lawan (tidak termasuk garis tengah) dalam posisi bola aktif.

BACA JUGA:Inggris Vs Iran: Bantai Iran, The Three Lions Pesta Gol

Selain itu, sang pemain mesti memenuhi unsur kedua, yaitu salah satu bagian tubuhnya, entah kepala, badan, atau kaki, berada di wilayah lawan, dengan posisi lebih dekat ke garis gawang lawan daripada bola dan kaki pemain lawan kedua terakhir.

Dalam hal ini, yang disebut sebagai pemain lawan terakhir biasanya adalah kiper, meskipun tidak harus selalu kiper.

Sebagai catatan, tangan dan lengan semua pemain, termasuk penjaga gawang, tidak dipertimbangkan sebagai bagian yang dikenai offside. Untuk menentukan offside atau tidak, batas atas lengan adalah yang segaris dengan bawah ketiak.

Seorang pemain dalam posisi offside pada saat bola dimainkan atau disentuh oleh rekan setimnya. Ia hanya dihukum jika terlibat dalam permainan aktif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: