Museum Subkos Garuda Jadi Bukti, Lubuklinggau Kota Pahlawan

Museum Subkos Garuda Jadi Bukti, Lubuklinggau Kota Pahlawan

Museum Subkos Garuda-foto: agung perdana linggaupos.co.id-

BACA JUGA:Mau Update Status Medsos Hari Pahlawan yang Keren, ini 55 Link Twibbon Gratis

Selanjutnya selama tahun 1950-1988, gedung ini dijadikan sebagai rumah dinas para bupati Kabupaten Musi Ulu Rawas yang kemudian mengalami penyederhanaan nama menjadi Kabupaten Musi Rawas. Hingga pada akhirnya, gedung ini diresmikan menjadi museum sampai saat ini.

Setelah diresmikan tahun 1988, pengelolaan museum ini dilakukan oleh Yayasan Perjuangan Subkoss Garuda Sriwijaya. Namun pada tanggal 30 Juli 1999, pengelolaannya diserahkan kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui berita acara antara Gubernur Sumatera Selatan H Rosihan Arsyad dengan Yayasan Perjuangan Subkoss Garuda Sriwijaya Drs. H.M. Syu’eb Tamat. 

Sehingga berdasarkan Peraturan Gubernur Sumatera Selatan Nomor 24 Tahun 2018, pengelolaan museum ini berada di bawah UPTD Museum Negeri Sumatera Selatan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan. 

Kemudian pada tahun 2019, Museum Perjuangan Subkoss Garuda Sriwijaya melakukan renovasi tata pamer dan mengubah tema pameran menjadi “Menelusuri Jejak Revolusi Fisik Kemerdekaan di Sumatera bagian Selatan” agar dapat memberikan gambaran mengenai jejak revolusi fisik dalam mempertahankan kemerdekaan di wilayah Sumatera bagian Selatan dari tahun 1945-1949. 

BACA JUGA:Makna Logo Hari Pahlawan 10 November 2022

Jadi, dengan adanya museum itu, sudah layak kan kalau Lubuklinggau disebut sebagai salah satu Kota Pahlawan. (*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: