Makna Logo Hari Pahlawan 10 November 2022

Makna Logo Hari Pahlawan 10 November 2022

Logo Hari Pahlawan 10 November 2022--

JAKARTA, LINGGAUPOS.CO.ID – Hari Pahlawan adalah hari nasional yang ditetapkan pemerintah Indonesia dan diperingati pada 10 November setiap tahunnya di Indonesia. 

Hari Pahlawan dilatarbelakangi atas kejadian Pertempuran Surabaya pada tanggal dan bulan yang sama tahun 1945.

Peristiwa Pertempuran Surabaya adalah sebuah simbol kekuatan dan perlawanan atas hak kemerdekaan Indonesia.

Karena kemerdekaan hendak direnggut kembali oleh tentara Britania Raya dan Belanda tiga bulan setelah Indonesia memproklamirkan kemerdekaan sebagai negara.

BACA JUGA:Bikin Bangga, ini Tiga Pahlawan Nasional Asal Sumatera Selatan

Atas kesenonohan penjajah yang tidak menghormati kedudukan Indonesia sebagai negara yang berdaulat, maka para pahlawan kita bersatu dalam gerakan Revolusi Nasional Indonesia.

Bersatu untuk memukul mundur penjajah dengan menyuarakan penolakan atas invasi yang dilakukan pasukan penjajah di tanah Surabaya dan beberapa daerah lainnya di Indonesia.

Sebuah peristiwa yang terkenal pada Pertempuran Surabaya diantaranya adalah pidato Bung Tomo yang menggetarkan “Merdeka atau Mati”.

Tekad untuk pantang menyerang dan tidak takut mati demi hak Indonesia serta semangat juang dan keberanian yang berapi-api melawan pasukan penjajah.

BACA JUGA:Ini Nama 5 Pejuang yang Patungnya Berada Tugu Pahlawan Perjuangan Muara Beliti

Peristiwa ini kemudian menginspirasi dan menjadi momen bersejarah sehingga pemerintah Indonesia mengukuhkan 10 November sebagai Hari Pahlawan.

Hari pahlawan ini ditetapkan melalui Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959.

Atas dasar tersebut, sebagai generasi muda juga penerus bangsa, sudah sepatutnya kita mengimplementasikan dan meneladani nilai-nilai luhur para pahlawan terutama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.


Makna Logo Hari Pahlawan 2022--

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: