Mengenal Aplikasi CRM, Definisi, Fungsi, Manfaat, Cara Penerapannya

Mengenal Aplikasi CRM, Definisi, Fungsi, Manfaat, Cara Penerapannya

--

Perusahaan perlu menempatkan identifikasi calon pelanggan di tahap pertama agar dapat mempermudah tim penjualan atau sales dalam memasarkan produk, mempermudah komunikasi dengan pelanggan, dan menawarkan promo-promo yang paling dibutuhkan oleh pelanggan.

Nah, proses identifikasi ini bisa dilakukan tanpa ribet jika perusahaan menggunakan CRM software, bahkan hasilnya bisa detail dan spesifik.

2. Akuisisi Pelanggan

Ketika melakukan akuisisi pelanggan, perusahaan harus menugaskan tim penjualan yang memiliki pemahaman mengenai produk secara luas dan jelas agar dapat memberikan penjelasan kepada calon pelanggan.
Usaha yang dilakukan oleh tim penjualan ini akan lebih mudah dan hasilnya lebih optimal karena sebelumnya telah memiliki data persona calon pelanggan tersebut.

3. Retensi Pelanggan

Ketika calon pelanggan sudah berganti status menjadi pelanggan, maka selanjutnya perusahaan masih harus memikirkan cara untuk mengubah pelanggan potensial menjadi pelanggan tetap. Beberapa cara yang digunakan biasanya meliputi pemberian bonus, diskon, atau hadiah.

Jenis bonus atau hadiah yang paling sesuai dengan pelanggan bisa diketahui perusahaan dengan mudah ketika menggunakan aplikasi CRM.

4. Pengembangan Pelanggan

Tahap terakhir adalah pengembangan pelanggan. Jadi ketika pelanggan tadi sudah loyal dengan terus membeli produk perusahaan dalam waktu lama, maka hal ini menandakan tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk atau layanan yang didapat.

Ketika sudah mencapai titik ini, maka perusahaan bisa mengembangkan pelanggan menjadi mitra untuk membantu memasarkan produk, yang dalam hal ini diimbangi dengan pemberian insentif atau gift.

Tujuan Menggunakan Aplikasi CRM

Menurut beberapa daftar fungsi di atas, dapat dikatakan bahwa tujuan dari menggunakan aplikasi Customer Relationship Management adalah untuk membantu bisnis mengetahui sebanyak mungkin informasi terkait pelanggan seperti perilaku dan kebutuhan pelanggan.

Informasi atau data ini selanjutnya akan digunakan oleh bisnis untuk menentukan jenis layanan yang paling tepat dan secara optimal kepada para pelanggan, dengan tujuan agar hubungan baik yang selama ini sudah terjalin antara pebisnis dan pelanggan akan semakin loyal.

Sangat penting bagi setiap bisnis untuk menjaga hubungan baik ini karena salah satu kunci sukses dari bisnis memang tergantung pada seberapa mampu bisnis tersebut dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.

Manfaat Aplikasi CRM dalam Bisnis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: