Mengenal Aplikasi CRM, Definisi, Fungsi, Manfaat, Cara Penerapannya

Mengenal Aplikasi CRM, Definisi, Fungsi, Manfaat, Cara Penerapannya

--

5. Keuntungan Perusahaan Meningkat

Karena perusahaan lebih mudah mengetahui apa yang diinginkan atau dibutuhkan oleh pasar, termasuk oleh pelanggan atau calon pelanggan, maka pada akhirnya manfaat lain yang dirasakan perusahaan yang menggunakan

CRM adalah dapat memaksimalkan pemasaran dan komunikasi dengan pelanggan.
Bersamaan dengan ini, strategi bisnis yang telah dirancang oleh perusahaan akan menjadi jauh lebih efektif dan hal ini sangat membantu dalam meningkatkan keuntungan perusahaan.

Ciri-ciri Bisnis Membutuhkan Perangkat Lunak CRM

Sudah saatnya melakukan upgrade perangkat lunak yang lebih canggih yaitu dengan aplikasi CRM untuk membantu meningkatkan bisnis terutama untuk bisnis yang memiliki beberapa tanda sebagai berikut:

1. Pelanggan Sering Tidak Puas

Jika pelanggan sering mengajukan keluhan, komplain, dan secara keseluruhan mengacu pada ketidakpuasan, baik dari segi produk atau pun layanan, maka inilah saatnya untuk mengganti perangkat lunak lama dengan yang aplikasi CRM.

Kondisi ini biasanya dipicu oleh menyebarnya informasi atau data pelanggan yang membuat bisnis lebih sulit dalam mempersonalisasi interaksi dengan pelanggan dan menemukan pola pelanggan.

Selanjutnya hal ini berakhir dengan bisnis memperlakukan semua pelanggan dengan cara yang sama padahal masing-masing pelanggan itu berbeda. Ketidakpuasan pelanggan ini menempatkan resiko untuk pelanggan berpindah ke pesaing karena ingin mendapatkan pengalaman berbelanja yang lebih baik.

2. Kurang Sentralisasi

Sebuah bisnis yang masih menggunakan lembar excel sebagai tempat untuk menyimpan data-data pelanggan akan merasa kesulitan dalam membuat keputusan penting karena data pelanggan tidak dipersonalisasi dengan baik dan belum dikelompokkan.
Meski terlihat sepele namun di situasi tertentu perusahaan akan membutuhkan waktu lama dalam menyusun data-data ini secara manual serta memahaminya sebagai pertimbangkan dalam mengambil keputusan.

3. Gagal Komunikasi

Sebuah bisnis terbagi menjadi beberapa tim yang selanjutnya masih dibagi-bagi lagi menjadi tim yang lebih kecil dan masing-masing memiliki tugas yang berbeda. Namun secara keseluruhan, semua tim tersebut merupakan satu kesatuan yang membutuhkan komunikasi bagus saat melakukan kerja sama.

Jika arus informasi kurang, misalnya terkait data pelanggan apalagi dengan jumlah yang sangat banyak, maka kegagalan komunikasi yang mungkin cukup kecil bisa saja berakibat besar pada perusahaan.

Contoh Aplikasi CRM Terbaik untuk Bisnis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: