Mengenal Aplikasi CRM, Definisi, Fungsi, Manfaat, Cara Penerapannya

Mengenal Aplikasi CRM, Definisi, Fungsi, Manfaat, Cara Penerapannya

--

Dalam dunia bisnis aplikasi CRM berguna bagi perusahaan dalam banyak hal diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Memotong Pengeluaran

Perusahaan yang menggunakan CRM software dapat secara otomatis memotong pengeluaran dalam hal pemasaran karena setiap produk, baik barang ataupun jasa, yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut masing-masing sudah menemukan pangsa pasarnya.

Hal ini karena semua data yang berhubungan dengan pelanggan sudah dimiliki oleh perusahaan berkat CRM software tadi, sehingga perusahaan tidak perlu lagi melakukan survey pasar namun tinggal mengelola saja data pelanggan yang sudah ada untuk selanjutnya dipilihkan jenis pemasaran yang paling tepat.

Jadi dapat disimpulkan bahwa selain memotong pengeluaran, menggunakan aplikasi CRM juga dapat memangkas waktu, tenaga, dan juga pikiran dari para pegawai perusahaan sehingga dapat dialihkan ke hal atau tugas lain yang lebih penting.

2. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Berbagai informasi atau data pelanggan yang telah dimiliki perusahaan lewat penggunaan aplikasi CRM tadi termasuk data seperti alamat email, nama akun media sosial, nomor telepon dan sebagainya akan membuat perusahaan lebih mudah dalam memahami para pelanggan.

Data-data tersebut juga dapat menjadi bekal perusahaan untuk membantu meningkatkan kualitas pelayanan atau membantu mengeluarkan produk baru yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Secara keseluruhan hal ini dapat sangat memuaskan pelanggan sehingga tidak membantu pelanggan lebih loyal terhadap perusahaan karena tidak akan mudah berpindah ke merek atau perusahaan lain.

3. Kegiatan Operasional Lebih Efisien

Berbagai kemudahan yang didapat oleh perusahaan setelah menggunakan CRM software termasuk dalam mengatasi keluhan atau komplain pelanggan akan membuat perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya birokrasi atau biaya administratif yang mungkin saja muncul.

4. Time to Market

Bukan hanya data-data pelanggan namun menggunakan aplikasi CRM juga membuat perusahaan dapat memiliki data pasar, yang selanjutnya bisa dijadikan salah satu patokan utama dalam menentukan sejumlah hal penting seperti di antara adalah:

▪    Membantu menentukan strategi bisnis yang paling tepat sesuai dengan kondisi pasar.
▪    Perusahaan dapat mengeluarkan produk yang paling dibutuhkan oleh target pasar.
▪    Perusahaan dapat memodifikasi produk yang sudah ada agar sesuai dengan permintaan pasar.
▪    Membantu perusahaan dalam meningkatkan layanan pelanggan agar sesuai yang diinginkan pelanggan di pasaran sehingga pelanggan lebih nyaman dan betah.

Pada akhirnya, berbagai upaya diatas akan membuat perusahaan memiliki produk yang benar-benar sesuai dengan target pasar dan dengan persentase laku lebih tinggi sehingga minim mengalami kerugian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: