Baznas Lubuklinggau Sukses Gelar Pengukuhan UPZ OPD, UPZ Masjid dan Bimtek

Baznas Lubuklinggau Sukses Gelar Pengukuhan UPZ OPD, UPZ Masjid dan Bimtek

Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe didampingi Ketua Baznas Kota Lubuklinggau, Drs. H. Harnan. MH beserta pengurus foto bersama usai Pengukuhan dan Bimtek Unit Pengumpul Zakat pada UPZ OPD dan UPZ Masjid se Kota Lubuklinggau dengan tema Kita Cip--

LUBUKLINGGAU, LINGGAUPOS.CO.ID -  Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe mengukuhkan Pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ) pada UPZ OPD, UPZ Masjid se Kota Lubuklinggau serta Bimbingan Teknis (Bimtek).

Pengukuhan dan Bimtek Unit Pengumpul Zakat pada UPZ OPD dan UPZ Masjid se Kota Lubuklinggau mengusung tema Kita Ciptakan Optimalisasi  Zis dalam rangka Kesejahteraan Umat bertempat di Hotel Sempurna Kelurahan Watervang, Kecamatan Lubuklinggau Timur I, Kota Lubuklinggau berlangsung sukses, Rabu 12 Oktober 2022.


Ketua Baznas Kota Lubuklinggau, Drs. H. Harnan. MH saat menandatangani berita acara Pengukuhan dan Bimtek Unit Pengumpul Zakat pada UPZ OPD dan UPZ Masjid se Kota Lubuklinggau--

Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe menjelaskan tujuan Pengukuhan dan Bimtek Unit Pengumpul Zakat pada UPZ OPD dan UPZ Masjid se Kota Lubuklinggau untuk sosialisasi kepada masyarakat karena begitu pentingnya zakat.

"Zakat dari lima rukun islam itu zakat itulah Hablum Minallah dan Hablum Minannas artinya kita bayar zakat kepada Allah SWT secara vertikal, horizontal kita lakukan sehingga zakat kita bagikan kepada masyarakat,"katanya.

BACA JUGA:Baznas Lubuklinggau Salurkan Beasiswa dan Bedah Rumah

Wali Kota menambahkan program ini harus disosialisasikan kepada masyarakat bahwa bukan hanya empat rukun islam yang lain karena ini ada Hablum Minannasnya sehingga bisa menumbuhkan semangat dari pada masyarakat Kota Lubuklinggau untuk berzakat.

Dikatakannya, Baznas Lubuklinggau akan membagikan untuk pendidikan, kesehatan, ekonomi bergulir yang dilakukan Baznas Lubuklinggau.

"Jadi Baznas Lubuklinggau sekarang sudah transparan, sudah memiliki website sekarang saya minta Baznas Lubuklinggau kedepan masyarakat bayar zakat sudah bisa pakai aplikasi QRIS untuk transfer online,"jelasnya.

"Mudah-mudahan kedepan Baznas Kota Lubuklinggau kedepan bisa bangkit membantu Pemkot Lubuklinggau menyelesaikan persoalan rakyat karena tidak semuanya bisa diselesaikan oleh Pemkot Lubuklinggau,"harapnya.

BACA JUGA:BAZNAS Salurkan Bantuan ke Mustahik di Lubuklinggau Utara II

Sementara itu, Ketua Baznas Kota Lubuklinggau, Drs. H. Harnan. MH mengatakan,"Hari ini telah dilaksanakan Pengukuhan dan Bimtek Unit Pengumpul Zakat pada Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Organisasi Perangkat Daerah (OPD), UPZ Sekolah dan Masjid se Kota Lubuklinggau,"katanya.

"Alhamdulilah sudah dikukuhkan oleh Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe berjalan dengan lancar dan mudah-mudahan dengan pengukuhan ini memberikan nuansa yang lebih baik lagi untuk kota lubuklinggau,"ungkapnya.

Menurutnya, dengan pengukuhan UPZ  ini masyarakat betul-betul paham apa itu UPZ atau Unit maupun zakat dan bagaimana proses dalam pembayaran zakat kepada para mustahik kemudian setelah pengukuhan ini dilanjutkan dengan Bimtek tentang UPZ yang narasumbernya dari Pemkot Lubuklinggau, Baznas Lubuklinggau dan Baznas Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

"Untuk pelaksanaan Bimtek mulai pukul 13.00 Wib hingga pukul 17.00 Wib dan penutupan hari ini juga,"jelasnya.

BACA JUGA:Terdakwa Korupsi Disdik Musi Rawas, Rosurohati Minta Bebas, Alasannya Tidak Ada Kewenangan

Dikatakannya, perlu diketahui UPZ merupakan garda terdepan di tengah-tengah masyarakat yang berada di OPD-OPD dan juga seluruh Masjid yang tersebar di Kota lubuklinggau dan masjid kita sebanyak 230 masjid, dan masjid inilah tempat untuk membayarkan zakat, baik itu zakat mal maupun zakat fitrah yang biasa kita laksanakan setiap tahun setelah Ramadhan.

"Ini semua membantu kinerja Baznas Kota Lubuklinggau, sebagaimana telah dipaparkan oleh Wali Kota Lubuklinggau, memang tugas Baznas sangat berat artinya kita melaksanakan tugas ini yang disampakan 8 Asnaf sebagaimana yang telah disampakan ataupun tertuang didalam Al'quran ayat 60,"jelasnya.

Harnan menambahkan kita melaksanakan ini tentunya harus turun kebawah, sebagai membantu Baznas Lubuklinggau inilah UPZ yang berhubungan langsung dengan masyarakat, kalau kita sendiri ini tidak akan berjalan dengan maksimal.

"Di Kota Lubuklinggau ini yang berzakat cukup banyak dan dengan adanya UPZ ini akan menjadikan pelaksanaan kegiatan Baznas akan lebih ringan serta kedepan kami tentunya dengan UPZ ini akan melaksanakan kolaborasi, koordinasi dengan UPZ yang ada di Kota lubuklinggau,"tegasnya.

BACA JUGA:Kejam, di Banyuasin Kadus dan Istrinya Dibunuh dalam Kondisi Terikat

Kemudian, kalau zakat kita terkumpul banyak artinya untuk membantu para Mustahik atau Asnaf orang yang berhak menerima zakat itu akan lebih besar.

"Kita nanti ada zakat produktif artinya ada usaha mikro yang kita rekrut tentunya yang direkrut adalah orang-orang yang tidak mampu sehingga sesuai dengan konsep zakat itu akan diberikan kepada mereka yang tidak mampu ataupun fakir miskin ini diberi modal atau suatu pekerjaan sehingga dengan demikian saat ini dia sebagai mustahik atau orang yang menerima zakat,"katanya.

Harapannya dengan acara ini mudah-mudahan Baznas Lubuklinggau akan lebih maju lagi, dengan tagline Baznas sukses, mustahik sejahtera.(*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: