Ini Nama 5 Pejuang yang Patungnya Berada Tugu Pahlawan Perjuangan Muara Beliti

Ini Nama 5 Pejuang yang Patungnya Berada Tugu Pahlawan Perjuangan Muara Beliti

Petugas Polsek Muara Beliti saat mengecat patung pahlawan di Tugu Pahlawan Perjuangan Muara Beliti--

LINGGAUPOS.CO.ID – Ada lima pejuang kemerdekaan yang patungnya diabadikan di Tugu Pahlawan Perjuangan Muara Beliti. Lokasi tepatnya di tepi Jalan Lintas Sumatera, depan Kantor KPU Musi Rawas.

Kelima pejuang ini, disebutkan berasal dari Muara Beliti Kabupaten Musi Rawas. Mereka ikut berjuang merebut kemerdekaan Republik Indonesia dari penjajah.

Namun, tugu tersebut selama ini dipenuhi lumut hijau yang kehitam-hitaman. Bahkan di bawah tugu, ditumbuhi rumput serta semak belukar.

BACA JUGA:Urutan Karir dan Pangkat Polisi dari Terendah Hingga Teratas

Karena itulah, personil Polsek Muara Beliti melakukan pengecatan tugu tersebut pada Kamis (11/8/2022).

"Saya beserta personel Bhabinkamtibmas Polsek Muara Beliti, mempunyai inisiatif bekerjasama gotong royong membersihkan patung dari semak belukar dan mengecat kembali kelima patung pahlawan tersebut," kata Kapolsek Muara Beliti, AKP Elan Maruli Sitompul.

Ia mengatakan sengaja membersihkan dan mengecat tugu itu, lantaran saat melintas ia melihat Tugu Perjuangan itu seakan-akan terabaikan dan tidak terawat.

BACA JUGA:Pembalap Yamaha Racing Indonesia Optimis Seri 3 ARRC 2022, Jepang

Makanya mempunyai inisiatif bersama personel membersihkan dan mengecat kembali kelima patung pahlawan.

AKP Elan menjelaskan, hal ini dilakukan tidak lain satu wujud cinta tanah air sekaligus menghargai dan mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dimedan perang untuk mempertahankan kemerdekaan negara Indonesia.

"Apalagi dibulan ini merupakan bulan sejarah bagi bangsa Indonesia karena bisa meraih kemerdekaan dari para penjajah," tutur mantan Kasi Humas Polres Musi Rawas ini.

BACA JUGA:Gara-gara Ambil Tebu, Remaja di Musi Rawas Tewas Kesetrum

AKP Elan menambahkan, dengan melakukan pembersihan dan mengecat patung pahlawan, setidaknya kita menghargai jasa para pahlawan, sekaligus jangan melupakan jasa para pahlawan, tanpa adanya jasa pahlawan untuk mempertahan negara Indonesia dari penjajah, maka kita tidak akan bisa menjadi seperti saat sekarang ini.

"Karena, Bangsa Yang Besar adalah Bangsa yang Menghargai, Menghormati Jasa-jasa Para Pahlawannya," tuturnya.

Nama 5 Pahlawan di Tugu Pahlwan Perjuangan Muara Beliti

Sementara itu, lima pejuang yang patung berada di tugu itu, adalah Letkol Bambang Utoyo, Lettu Sulaiman Amin, Letda A Badaruddin, Letda Nur Amin dan Polri Derajat Mantap.

BACA JUGA:Alasannya Sering Kemalingan Tebu, Warga Musi Rawas Pasang Setrum, Seorang Remaja Tewas

Bambang Utoyo sendiri terakhir menjabat Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), yang menjabat dari tanggal 27 Juni 1955 – 28 Oktober 1955.

Bambang Utoyo meninggal dunia pada usia 59 tahun dengan pangkat terakhir Letnan Jenderal Anumerta. Mulai tanggal 1 November 1997, pemerintah Indonesia menaikkan pengkatnya menjadi Jenderal (Kehormatan). (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: