Empat Jenis Ikan Terkontaminasi Mikroplastik di Sungai Musi

Empat Jenis Ikan Terkontaminasi Mikroplastik di Sungai Musi

LINGGAUPOS.CO.ID - Empat jenis ikan yang berada di Sungai Musi terkontaminasi mikroplastik. 

Keempat jenis ikan itu adalah yakni ikan Seluang (Rasbora daniconius), Lampam (Barbonymus schwanenfeldii), Sapil atau Tembakang (Helostoma temminkii), dan ikan Belanak (Mugil SP). 

Hal ini seperti diungkapkan Tim Ekspedisi Sungai Nusantara (ESN) bersama Aliansi Peduli Musi (APM) 

Peneliti Lembaga Ekologi dan Konservasi Lahan Basah (Ecoton), Prigi Arisandi mengataakan bahwa pencemaran mikroplastik di Sungai Musi merupakan kadar tertinggi dibanding sungai-sungai lain di Pulau Sumatera.

BACA JUGA:Ada Peningkatan Covid, Dinkes Gencarkan Vaksin Booster

“Kita sudah melakukan pengujian terhadap sungai-sungai yang ada di Sumatera, dan disimpulkan tingkat kontaminasi mikroplastik di atas 800 dalam 100 liter air,” kata Prigi, Senin (25/7/2022).

Dijelaskannya, sampel ikan tersebut diambil dari Pasar Ikan bawah Jembatan Musi 2 pada Ahad (17/7) lalu. Kemudian dari hasil analisis di Laboratorium Mikroplastik Ecoton di Gresik, menunjukan bahwa kandungan mikroplastik di tiap ikan berbeda-beda.

Seperti ikan seluang terkandung lima Partikel Mikroplastik (PM) per ekor, 7PM per ekor ikan sapil, 10 PM per ekor lampam, dan 13-14 PM per ekor ikan belanak. Adapun jenis mikroplastik yang ditemukan adalah fiber atau benang serat, filament, serta granula.

“Dengan ini ditegaskan bahwa Sungai Musi dalam kondisi kritis, atau darurat sampah plastik, sebab apabila dibiarkan akan mengancam kesehatan manusia, mengingat air Sungai Musi digunakan sebagai bahan baku PDAM,” tutupnya.

BACA JUGA:Emak-emak yang Hina Ibu Negara Iriana Jokowi Dijebloskan ke RSJ

Menanggapi temuan pencemaran mikroplastik di Sungai Musi pada Ahad (17/7/2022) lalu, Koordinator APM, Aldo Carnegie menuturkan bahwa pihaknya akan mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) maupun Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel untuk melakukan penanganan terhadap pencemaran tersebut.

“Seharusnya temuan ini menjadi peringatan keras kepada kita bahwa ekosistem Sungai Musi tercemar," tutur Aldo ketika diwawancarai melalui telepon, Senin (25/7/2022) siang.

"Oleh karenanya kami akan melakukan upaya advokasi melalui edukasi dan mendorong Pemerintah agar memperhatikan masalah ini,” tukasnya. (mg01/ril)

 

Artikel ini sudah tayang di sumeks.disway.id dengan judul: Sungai Musi Tercemar Mikroplastik, Empat Ikan Jadi Korban

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: