SKD CPNS 2024 Materi TKP Soal Penalaran, Ini Kisi-Kisi Beserta Cara Menjawabnya

Kamis 26-09-2024,18:27 WIB
Reporter : Endah Sari
Editor : M Raihan Putra

Tips menjawab soal pelayanan publik:

• Dalam menjawab soal anda berfokus pada kepuasan dan kebutuhan masyarakat yang dilayani. Kunci utamanya adalah keramahtamahan serta kemampuan memahami dan memecahkan masalah yang dihadapi Masyarakat (secara efektif dan efisien).

BACA JUGA:Kartu Ujian Peserta SKD CPNS 2024 Bisa Diunduh, Catat Ini Caranya

• Pahami situasi dilematis. Biasanya soal akan menguji bagaimana kamu melayani masyarakat dan pekerjaan lain dalam waktu bersamaan. Cari opsi win-win solution (saling menguntungkan)

• Prioritaskan kebutuhan publik. Pilih opsi yang mendahulukan kepentingan masyarakat sesuai derajat prioritasnya meskipun ada tantangan pribadi atau kendala lain.

• Empati dan sikap ramah. Tunjukkan bahwa kamu bisa tetap tenang, profesional, dan bersikap ramah, bahkan dalam situasi sulit.

• Perhatikan kesetaraan dalam pelayanan publik, semua masyarakat memiliki hak dan posisi yang sama, tidak ada pembeda kecuali pada kelompok rentan.

BACA JUGA:Peserta SKD CPNS 2024 Wajib Simak, Ini Barang yang Harus dan Tidak Boleh Dibawa Saat Seleksi

Contohnya: 

Jika ada warga yang marah-marah, jawaban terbaik biasanya mengedepankan sikap tenang dan tetap melayani dengan baik.

2. Jejaring Kerja

Selanjutnya soal terkait jejaring kerja, dimana tujuan soal ini ialah agar anda mampu membangun dan membina hubungan, bekerja sama, berbagi informasi dan berkolaborasi dengan orang lain secara efektif.

BACA JUGA:5 Strategi Belajar SKD CPNS 2024 yang Perlu Kamu Terapkan, Catat Baik-Baik!

Begini tips menjawabnya:

• Jejaring kerja berhubungan dengan kolaborasi, berbagi informasi, dan kemampuan membangun tim. Jejaring kerja tidak hanya mencakup rekan kerja, tetapi juga pihak eksternal seperti lembaga atau masyarakat.

• Kolaborasi dan komunikasi terbuka. Pilih jawaban yang mencerminkan kemampuan kamu berkoordinasi dan berbagi informasi secara efektif.

• Pengambilan Keputusan. Utamakan pengambilan Keputusan bersama melalui pelibatan tim atau berbagai pihak untuk berkontribusi.

Kategori :