Beredar Video Harimau di Jalan Lintas Mura – PALI, ini Kata BKSDA

Beredar Video Harimau di Jalan Lintas Mura – PALI, ini Kata BKSDA

Beredar Video Harimau di Jalan Lintas Mura – PALI, ini Kata BKSDA--instagram

LINGGAUPOS.CO.ID – Beberapa hari terakhir ini beredar video mengenai keberadaan Harimau di Jalan Lintas antara Kabupaten Musi Rawas (Mura) dengan Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

Dalam video yang beredar di media sosial (medsos) dan aplikasi chatting WhatApps (WA), pengendara diminta hati-hati melintas di jalan cor antara Mura dengan PALI.

Pengendara diminta untuk jangan berhenti di jalan cor tersebut. Karena sering muncul harimau berkeliaran di jalan tersebut.

Berkaitan dengan hal ini, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Selatan melalui Kepala Seksi (Kasi) Konservasi Wilayah II Lahat, Yusmono memberikan penjelasan.

BACA JUGA:Pembalap Indonesia Adenanta dan Veda Raih Podium Race 2 ARRC Malaysia 2024 SS600

Yusmono menjelaskan bahwa video tersebut sudah tersebar sejak setahun lalu, lokasi sebenarnya juga bukan di wilayah Sumsel. 

"Itu video lama, setahun yang lalu bukan di wilayah Sumatera Selatan tapi terdeteksi di wilayah Riau," jelas Yusmono dikutip dari Palembang Pos, Senin 16 September 2024.

Ia menjelaskan bahwa di daerah Mura dengan PALI sejauh ini belum ada terpantau ada harimau yang keluar ke jalan. Kalaupun ada menurutnya di dalam hutan.

“Untuk di Sumatera Selatan harimaunya bukan tidak ada, tapi tidak ditemukan di wilayah pemukiman ataupun jalan raya, kemungkinan adanya jauh di dalam hutan," ia menjelaskan.

BACA JUGA:Tingkatkan Kompetensi Guru dan Kepala Sekolah, SIT Mutiara Cendekia Lubuk Linggau Gelar In House Training

Karena itulah, agar tidak menimbulkan keheboah dan kepanikan ditengah masyarakat, Mulyono mengimbau agar masyarakat tidak sembarangan meneruskan video yang diterima.

Menurutnya sebelum membagikan atau meneruskan video tersebut, sebaiknya sebelum mengecek kebenarannya. 

"Sekarangkan susah mudah, tinggal cek saja di google lens, jadi jangan asal teruskan dan sebarkan saja," imbaunya.

Gajah Masuk Pemukiman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: