6 Daerah Ini Buka CPNS Lulusan SMP Sederajat, Ada yang Khusus Disabilitas

6 Daerah Ini Buka CPNS Lulusan SMP Sederajat, Ada yang Khusus Disabilitas

Instansi yang membuka lowongan CPNS 2024 dengan kualifikasi pendidikan dilakukan oleh pemerintah daerah (Pemda) khusus untuk posisi Juru Pelihara Cagar Budaya. -Ilustrasi-

LINGGAUPOS.CO.ID – Sedikitnya 6 daerah di Indonesia membuka seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 untuk lulusan SMP Sederajat.

Instansi yang membuka lowongan CPNS 2024 dengan kualifikasi pendidikan dilakukan oleh pemerintah daerah (Pemda) khusus untuk posisi Juru Pelihara Cagar Budaya.  

Dikutip dari laman sscasn.bkn.go.id, Senin, 26 Agustus 2024 instansi yang menerima CPNS dengan kualifikasi pendidikan SMP Sederajat rata-rata dilakukan Pemerintah Kabupaten.

Mereka yang lulus CPNS nantinya akan ditempatkan di unit kerja masing-masing dinas yang membuka lowongan.    

BACA JUGA:Daftar Instansi dan Formasi Daerah Favorit CPNS 2024 ini Peluang dan Tantangannya

Juru pelihara merupakan salah satu tenaga kerja bidang cagar budaya yang mempunyai tugas memelihara, menjaga keamanan dan keselamatan cagar budaya agar tidak hilang, hancur, rusak, atau musnah.  

Dikutip dari laman Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur Juru Pelihara merupakan ujung tombak dalam pelestarian Cagar Budaya untuk mencegah Cagar Budaya agar tidak hilang dan rusak.

Selain harus menguasai teknik-teknik perawatan Cagar Budaya yang menjadi tugas utamanya. Seorang Juru Pelihara diharapkan juga memiliki pengetahuan yang memadai untuk memanfaatkan Cagar Budaya yang menjadi tanggung jawabnya dengan tetap berada di dalam koridor pelestarian.

Cagar Budaya dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan seperti agama, sosial, pendidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, kebudayaan, pariwisata, dan lain sebagainya.

BACA JUGA:CPNS 2024, Inilah Daftar 5 Instansi dengan Tunjangan Tertinggi, Adakah Incaran Kamu?

Seorang Juru Pelihara idealnya harus menguasai materi Cagar Budaya yang dikelolanya baik latar belakang maupun sejarahnya untuk dijelaskan pada wisatawan.

Selain itu, Juru Pelihara hendaknya mempunyai keterampilan berkomunikasi serta mampu bersikap yang baik sehingga akan membuat wisatawan merasa nyaman dan dapat menikmati kunjungannya.

Dalam pelaksanaan pemanduan benda Cagar Budaya yang menjadi objek wisata, informasi harus disampaikan secara jelas dan mudah dimengerti, dalam waktu yang tepat, tidak menjemukan, memenuhi kebutuhan pengunjung serta menarik (kombinasi antara learning dan entertaining).

Berikut daftar Pemda yang buka formasi lulusan SMP dalam seleksi CPNS 2024 dikutip dari laman sscasn.bkn.go.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: