Sebelum Kurban Idul Adha 2024, Ketahui Ini 3 Larangan Dalam Berkurban, Tuntunan Nabi Muhammad SAW

Sebelum Kurban Idul Adha 2024, Ketahui Ini 3 Larangan Dalam Berkurban, Tuntunan Nabi Muhammad SAW

Sebelum Kurban Idul Adha 2024, Ketahui Ini 3 Larangan Dalam Berkurban, Tuntunan Nabi Muhammad SAW-Ilustrasi-Pixabay.com

LINGGAUPOS.CO.ID- Penting untuk diketahui sebelum melaksanakan kurban idul adha 2024, ada 3 larangan dalam berkurban sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad SAW.

Teruntuk anda yang mau berkurban pada idul adha 2024 ini, jangan lewatkan 3 larangan dalam berkurban yang merupakan tuntunan dari Nabi Muhammad SAW.

Seperti yang diketahui Hari raya Idul Adha akan segera tiba, salah satu yang menjadi tradisi dalam perayaan hari besar umat muslim tersebut adalah kurban.

Kurban merupakan ibadah sunnah yang dilaksanakan pada Hari Raya Idul Adha. Namun, pelaksanaan kurban juga ada larangannya.

BACA JUGA:Idul Adha 2024: Simak Syarat Berkurban Menurut Buya Yahya, Bolehkah Patungan? Cek Kebenarannya

Pelaksanaan Kurban sendiri dilakukan di Hari Raya Idul Adha tersebut, berdasarkan Wahbah az- Zuhaili dalam Kitab Fiqhul Islam wa Adillatuhu Juz 4 menjelaskan mengenai waktu yang baik untuk menyembelih hewan kurban.

Yakni menurut pendapat dari Mazhab Syafi’, waktu penyembelihan kurban yang utama adalah ketika matahari beranjak naik hingga seukuran tombak atau waktu dimulainya salat Dhuha.

Mazhab ini berpandangan, apabila penyembelihan kurban dilakukan sebelum salat dan khutbah Idul Adha maka hukumnya tidak sah.

Hal tersebut berdasarkan hadits yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim dari al-Barra' bin Azib seperti telah disebutkan terdahulu di mana Rasulullah SAW bersabda, artinya:

BACA JUGA:Idul Adha 2024 Semakin Dekat, Jauhi 4 Larangan Ini dalam Islam Saat Merayakannya, Apa Saja?

“Aktivitas pertama yang kami lakukan untuk memulai hari ini (ldul Adha) adalah melaksanakan salat lalu pulang ke rumah dan setelah itu langsung menyembelih kurban."

Maka dari itu, waktu penyembelihan kurban dapat dilakukan pada siang dan malam hingga berakhirnya hari Tasyriq yang menurut Imam Syafi’I hingga tanggal 13 Dzulhijjah.

Lantas, selain memperhatikan waktu pelaksanaan kurban. Anda sebagai umat islam juga perlu tahu apa sajakah larangan dalam berkurban.

Untuk itu, berikut LINGGAUPOS.CO.ID telah merangkumnya untuk anda, mengenai larangan dalam berkurban.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: