Sebelum Kurban Idul Adha 2024, Ketahui Ini 3 Larangan Dalam Berkurban, Tuntunan Nabi Muhammad SAW

Sebelum Kurban Idul Adha 2024, Ketahui Ini 3 Larangan Dalam Berkurban, Tuntunan Nabi Muhammad SAW

Sebelum Kurban Idul Adha 2024, Ketahui Ini 3 Larangan Dalam Berkurban, Tuntunan Nabi Muhammad SAW-Ilustrasi-Pixabay.com

BACA JUGA:Realme C55: HP Rp2 Jutaan yang Cocok Temani Lebaran Idul Adha 2024, Buruan Cek Spesifikasinya

"Kami mengupahnya dari uang kami pribadi."

Syaikh Abdullah Al-Bassaam dalam kitabnya, Taudhihul Ahkaam, turut mengatakan,

“Tukang jagal tidak boleh diberi daging atau kulitnya sebagai bentuk upah atas pekerjaannya. Hal ini berdasarkan kesepakatan para ulama. Yang diperbolehkan adalah memberikannya sebagai bentuk hadiah jika dia termasuk orang kaya atau sebagai sedekah jika ternyata dia adalah miskin...”

3.  Memotong Kuku dan Mencukur Rambut

BACA JUGA:Realme C55: HP Rp2 Jutaan yang Cocok Temani Lebaran Idul Adha 2024, Buruan Cek Spesifikasinya

Terakhir larangan dalam berkurban ialah memotong kuku dan mencukur rambut. Larangan ini dijelaskan oleh Abdullah bin Ahmad Al-'Allaf Al-Ghamidi dalam buku Kamus Praktis Muslim dari A sampai Z bahwasanya apabila seseorang ingin berkurban maka sesungguhnya diharamkan baginya untuk memotong sebagian dari rambutnya.

Dikatakan baik itu rambut, jenggot, kumis, ketiak, dan bulu kemaluannya bahkan tidak boleh juga memotong kuku sampai ia menyembelih kurbannya.

Hal ini berdasarkan juga pada hadits dari Ummu Salamah RA bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, artinya:

“Apabila telah masuk sepuluh hari pertama (Zulhijah), dan salah seorang dari kalian hendak berkurban, hendaklah ia tidak mencukur rambut dan tidak memotong kukunya." (HR Ahmad dan Muslim)

BACA JUGA:Intip Daftar HP iPhone dengan Update Harga di Bawah Rp10 Juta Jelang Idul Adha 2024 di Sini

Ada pendapat lain yang mengatakan bahwa yang dilarang untuk dipotong kuku dan rambutnya adalah hewan kurban itu sendiri.

Pendapat ini dikuatkan oleh Kyai Ali Mustafa Yaqub dalam kitabnya, Ath Thurq Ash Shahihah fi Fahmi As Sunnah An Nabawiyah. Menurutnya, untuk memahami hadits larangan memotong kuku dan rambut ini dapat dilakukan dengan melihat riwayat 'Aisyah, bahwa Rasulullah SAW bersabda,

Artinya; “Tidak ada amalan anak Adam yang dicintai Allah pada hari Idul Adha kecuali berkurban. Karena ia akan datang pada hari kiamat bersama tanduk, bulu, dan kukunya.

Saking cepatnya, pahala qurban sudah sampai kepada Allah sebelum darah hewan sembelihan jatuh ke tanah. Maka hiasilah diri kalian dengan berkurban,”(HR Ibnu Majah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: