Komunitas Pers di Sumatera Selatan Tolak RUU Penyiaran, Aksi di DPRD Provinsi

Komunitas Pers di Sumatera Selatan Tolak RUU Penyiaran, Aksi di DPRD Provinsi

Komunitas Pers di Sumatera Selatan Tolak RUU Penyiaran, Aksi di DPRD Provinsi--freepik

BACA JUGA:Mertua Ikut Campur Saat Kamu Punya Bayi, Ini 5 Cara Menghadapinya

"Ini juga melanggar kepentingan publik, karena haknya publik untuk tahu adalah hak asasi manusia. Tugas itu amanah dan dititipkan kepada jurnalis," kata dia.

Masalah lain, ialah Pasal 42 ayat 2 yang memberikan kewenangan lebih kepada Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) untuk menyelesaikan sengketa jurnalistik penyiaran.

"Di pasal itu KPI bisa menangani sengketa. Itu barang tentu bertentangan dengan UU 40 tahun 1999 tentang Pers, sebab dimana fungsi dari Dewan Pers menyelesaikan sengketa pers. Jadi disini ada tumpang tindih. Ada banyak sekali pasal dalam RUU Penyiaran yang bermasalah. 

Ditambah, menurut Pranata ada lagi masalah terkait hilangnya aturan terkait kepemilikan media. Ia menilai ini merupakan pasal yang membahayakan demokratisasi konten, termasuk juga kedepan akan mengancam perlindungan terhadap kelompok minoritas.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Datang ke Lubuk Linggau, Semua Disulap, Pedagang di Jalan Pasar Satelit Sementara Diliburkan

"RUU ini berpotensi mengancam independensi jurnalis dan media. Revisi ini dapat digunakan untuk menekan media agar berpihak kepada pihak-pihak tertentu. Merusak independensi media dan keberimbangan pemberitaan, seperti termuat dalam draf Pasal 51E," tegasnya.

Pranata menegaskan, BBJ Media Group sebagai komunitas pers menuntut dan menyerukan, agar memastikan bahwa setiap regulasi yang dibuat harus sejalan dengan prinsip-prinsip demokrasi dan kebebasan pers. 

"Kami percaya bahwa kebebasan pers dan kebebasan berekspresi adalah hak asasi manusia yang harus dijaga dan dilindungi,” katanya. 

“Kami menduga RUU Penyiaran ini bakal jadi alat pemerintah untuk melemahkan praktik demokrasi di Indonesia,” ia mengatakan. 

BACA JUGA:Tentukan Pilihanmu! Inilah 7 Universitas Islam Terbaik di Indonesia Versi Scimago 2024, Cek Sebelum Daftar

“Patut diduga juga menjadi upaya pemerintah untuk membangkitkan semangat Orde Baru. Kalau dulu Orde Baru menggunakan militer dan aparatur keamanan sebagai alat untuk membungkam,” jelasnya. 

“Kami menduga metode ini berubah dengan membatasi ruang gerak melalui undang-undang,” katanya. 

“Dengan adanya revisi UU Penyiaran ini yang kemudian isinya melarang jurnalisme investigasi dan sebagainya, tentu sangat dicurigai akan ada upaya-upaya agar masyarakat tidak kritis terhadap pemerintah," ia menegaskan. (*)

Dapatkan update berita LINGGAUPOS.CO.ID di platform media sosial, dengan klik LINK INI 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: