Mitos atau Fakta: Motor Listrik Bisa Nyetrum jika Hujan dan Terkena Banjir, Benarkah? Cek di Sini

Mitos atau Fakta: Motor Listrik Bisa Nyetrum jika Hujan dan Terkena Banjir, Benarkah? Cek di Sini

Motor listrik.--Freepik

LINGGAUPOS.CO.ID – Simak kebenaran bahwa motor listrik dapat nyetrum apabila hujan atau saat menerobos banjir, mitos atau fakta, ya?

Diambil dari berbagai sumber yang dikutip pada Sabtu, 25 Mei 2024, jika dibandingkan dengan motor bensin, masih banyak sekali rasa khawatir terhadap motor listrik, termasuk pada saat kondisi hujan atau kondisi jalan terkena genangan banjir.

Sebagian masyarakat, merasa khawatir dan takut jika motor listrik ini rawan rusak atau bermasalah apabila digunakan dalam kondisi hujan atau saat melewati banjir.

Namun, faktanya walaupun bertenaga listrik serta punya tegangan yang tinggi, motor listrik ini dapat dipakai dengan sangat nyaman dan aman layaknya motor biasa saat kondisi hujan dan terkena banjir di jalanan.

BACA JUGA:Sunra Q5: Motor Listrik yang Iritnya Kalahkan Motor 100 cc Bensin, Buruan Intip Spesifikasi Unggulnya

"Sebab jenis arus yang digunakan sudah dirancang aman bagi pengguna motor, kalaupun terjadi korsleting sudah ada sekring yang berfungsi memutus arus secara otomatis," ucap Ady Siswanto, owner bengkel Petrikbike, Bekasi.

Lebih lanjut, ia menyebut bahwa tidak akan sampai bikin tersengat listtik, seandainya nekat pakai motor listrik saat menerobos banjir paling parah komponen motor ini hanya terjadi kerusakan saja.

"Komponen motor listrik sendiri dari pabrikan umumnya sudah dirancang kedap air, namun jika kondisinya terendam air tetap saja ada risiko korsleting," sambungnya.

Oleh sebab itu, agar aman saat dikendarai walaupun melewati genangan air, ternyata patokannya ini juga mudah untuk kalian yang telah biasa mengendarai motor bensin konvensional.

BACA JUGA:WOW! Terkuak Segini Uang Negara Keluarkan guna Subsidi Motor Listrik, Tapi Masih Kurang Laku, Kok Bisa?

"Aman jika tinggi air hanya sekitar 20-30 cm dari permukaan jalan. Atau kondisi banjir dengan maksimal kedalaman setinggi dek kaki atau as roda motor," ucap Ady.

Sama halnya seperti motor konvensional bensin, lebih dari itu ada baiknya untuk hindari saja dan cari jalan alternatif lain yang tidak terkena genangan air.

Dapat dikatakan juga jika bertemu genangan air atau banjir, antara pakai motor bensin dan motor listrik tidak ada bedanya.

Apabila hanya terkena hujan saja, tidak perlu khawatir akan terjadi masalah dan tidak perlu takut nyetrum juga saat gunakan motor listrik di cuaca hujan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: