CPNS 2024 Akan Dibuka Bagi Pusat dan Daerah, Ketahui Begini Perbedaan Keduanya Dari Gaji Hingga Pekerjaan

CPNS 2024 Akan Dibuka Bagi Pusat dan Daerah, Ketahui Begini Perbedaan Keduanya Dari Gaji Hingga Pekerjaan

CPNS 2024 Akan Dibuka Bagi Pusat dan Daerah, Ketahui Begini Perbedaan Keduanya Dari Gaji Hingga Pekerjaan--instagram: pnshits

BACA JUGA:Pertamina Buka Lowongan Kerja, Tamatan SMK Bisa Daftar, Buruan Sebelum Ditutup

Mirip dengan kementerian, lembaga non-kementerian, dan badan-badan pemerintah lainnya.

Beberapa perbedaan antara keduanya pun dapat dilihat dari beberapa hal berikut:

1. Penempatan

Pertama perbedaanya dapat dilihat dari penempatannya, mereka bertanggung jawab buat melaksanakan aneka macam tugas serta fungsi pemerintahan di tingkat lokal, termasuk pada bidang pendidikan, kesehatan, keamanan, serta layanan publik lainnya.

BACA JUGA:Murah Banget! Samsung Galaxy A15 128GB Handphone Populer Hanya Rp2 Jutaan Saja, Cek Keunggulannya di Sini

2. Tanggung Jawab

Dilihat dari tanggung jawabnya, PNS pusat sendiri  melaksanakan tugas serta fungsi pemerintahan pada tingkatan nasional, termasuk kebijakan nasional, pengaturan, serta pelaksanaan program-program pemerintah pusat.

Sementara untuk PNS daerah, bertanggung jawab untuk melaksanakan tugas dan fungsi pemerintahan pada tingkatan lokal, termasuk pada bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, serta pelayanan publik lainnya pada daerah wilayahnya.

3. Sumber Gaji

BACA JUGA:Warga Musi Rawas Jangan Coba-coba Pesta Malam, Tetap Ngeyel Ini Akibatnya

Selain itu, dilihat dari sumber gaji diketahui jika sistem pemberian gaji PNS Pusat dan Daerah memiliki perbedaan yang signifikan.

Yakni PNS Pusat cenderung mendapatkan gaji yang lebih tinggi dan lebih banyak tunjangan karena dana gaji bersumber pada APBN.

Hal tersebut juga berkaitan dengan tanggung jawab yang lebih besar dan volume pekerjaan yang lebih besar. Selain gaji pokok, mereka juga dapat menerima tunjangan berdasarkan jabatan atau spesialisasi tertentu.

Sedangkan, PNS Daerah menerima gaji yang disesuaikan dengan tingkat ekonomi dan anggaran daerah dan bersumber pada dana APBD. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: