KIP Kuliah 2024 Bisa Dapat Beasiswa Sampai ke Perguruan Tinggi, Simak Jadwal, Cara dan Syaratnya

KIP Kuliah 2024 Bisa Dapat Beasiswa Sampai ke Perguruan Tinggi, Simak Jadwal, Cara dan Syaratnya

KIP Kuliah 2024 Bisa Dapat Beasiswa Sampai ke Perguruan Tinggi, Simak Jadwal, Cara dan Syaratnya--Pixabay.com

LINGGAUPOS.CO.ID - Kartu Indonesia Pintar (KIP) 2024 hadirkan beasiswa kuliah bagi para lulusan sekolah menengah atas (SMA), yuk simak cara dan aturannya berikut ini.

Kartu Indonesia pintar (KIP) kuliah merupakan program bantuan biaya pendidikan yang disalurkan dari pemerintah Indonesia ke lulusan SMA/sederajat.

Adanya program ini memiliki tujuan untuk membantu meringankan beban biaya pendidikan siswa dan membantu para peserta didik belajar di perguruan tinggi hingga lulus menjadi sarjana.

Berdasarkan UU no 12/2012 tentang pendidikan tinggi, pemerintah telah memberikan kemudahan melalui Program Indonesia Pintar (PIP) yang mencakup bantuan uang tunai, perluasan akses pendidikan.

BACA JUGA:Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 Diprediksi Jatuh Pada 10 April, Begini Informasi dari Kemenag

serta kesempatan belajar kepada peserta didik dan mahasiswa yang berasal dari keluarga yang kurang mampu secara finansial.

 Nah, program ini direalisasikan dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP Kuliah. Sehingga bagi peserta didik yang mau melanjutkan pendidikan tetapi terkendala biaya dapat memanfaatkan KIP Kuliah.

Beasiswa KIP Kuliah ini pun terbuka untuk semua jalur masuk, mulai dari jalur SNBP, SNBT, hingga jalur mandiri PTN dan PTS.

Adapun diketahui pada tahun ini, pemerintah akan menyalurkan bantuan KIP Kuliah kepada 200.000 mahasiswa.

BACA JUGA:Duh, Petasan Memakan Korban: 2 Warga Probolinggo Luka Bakar hingga 65 Persen, Kondisinya Memprihatinkan

Lantas, bagi anda yang ingin mendaftar KIP Kuliah 2024 ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi dan cara mendaftar yang harus kalian ketahui. Berikut ini.

Jadwal KIP kuliah untuk SNBT 2024

Seperti mengutip dari laman resmi KIP Kuliah, bahwa pendaftaran KIP Kuliah 2024 untuk UTBK-SNBT dibuka satu hari sebelum dilakukannya pendaftaran UTBK. Berikut jadwalnya:

1. Tanggal Pendaftaran: 21 Maret-5 April 2024, pukul 15:00 WIB

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: