Arab Saudi Umumkan Akan Kucurkan Donasi 40 Juta Dolar AS untuk Jalur Gaza Melalui UNRWA

Arab Saudi Umumkan Akan Kucurkan Donasi 40 Juta Dolar AS untuk Jalur Gaza Melalui UNRWA

Arab Saudi umumkan beri donasi.--Instagram @unexplnd

LINGGAUPOS.CO.ID – Arab Saudi umumkan beri donasi sebesar 40 juta dolar AS atau setara dengan Rp629 miliar untuk badan pengungsi Palestina yang dikelola oleh UNRWA pada Rabu, 20 Maret 2024.

Diambil dari berbagai sumber yang dikutip pada Jumat, 22 Maret 2024, donasi tersebut diberikan melalui UNRWA yang sedang menghadapi pemotongan pendanaan besar-besaran serta seruan pembubaran yang dicetus oleh Israel.

Langkah yang dilakukan oleh Arab Saudi ini diambil sebagai respon terhadap krisis donasi yang sedang dihadapi oleh UNRWA yang dipicu oleh tuduhan dari Israel yang mengklaim UNRWA ini disusupi oleh kelompok perlawanan.

Diketahui, Pusat Bantuan Kemanusiaan Raja Salman (KSrelief) mengumumkan pada Rabu, 20 Maret 2024, bahwa pendanaan tersebut guna mendukung upaya kemanusiaan UNRWA di Jalur Gaza yang masih dilanda dengan perang selama lima bulan terakhir.

BACA JUGA:Keluarga Juru Parkir yang Dibunuh Minta Keadilan, Kapolres Lubuk Linggau Katakan ini

"Pendanaan ini akan menyediakan makanan bagi lebih dari 250.000 orang dan tenda untuk 20.000 keluarga," sebut KSrelief dalam pernyataannya.

Menurut informasi, UNRWA ini dibentuk pada 1949 silam berada di bawah pengawasan yang ketat semenjak Israel menuduh belasan pegawai badan PBB tersebut terlibat dalam serangan yang mematikan Hamas pada 7 Oktober 2023, yang telah menewaskan sekitar 1.200 orang serta memicu perang di Jalur Gaza.

Selain itu juga telah banyak negara yang menangguhkan pendanaan untuk UNRWA, walaupun PBB mengatakan bahwa Israel belum memberikan bukti sedikitpun atas tuduhannya.

PBB juga sudah meluncurkan penyelidikan internal serta independen terhadap tuduhan-tuduhan-tuduhan muncul yang terkait dengan UNRWA.

BACA JUGA:Hati-Hati, Gempa Besar Magnitudo 6.0 Guncang Tuban-Jatim, Akankah Berpotensi Tsunami?

"Sangat penting untuk memenuhi kebutuhan mendesak masyarakat di Gaza," ucap kepala KSrelief, Abdullah al-Rabeeah, dalam pernyataannya.

Sementara itu, Phillipe Lazzarini selaku Kepala UNRWA dalam pernyataan juga menyebut donasi dari Riyadh ini mencerminkan bentuk solidaritas yang selalu ditunjukkan oleh Kerajaan Saudi kepada warga Palestina.

Sebagai informasi, UNRWA mempekerjakan kurang lebih 30 ribu orang di wilayah-wilayah Palestina yang diduduki.

Termasuk juga 13 ribu staf yang ada di wilayah Jalur Gaza serta di negara-negara tetangga seperti Yordania, Lebanon dan Suriah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: