4 Amalan yang Dapat Dilakukan Pada saat Malam Nuzulul Quran, Jangan Sampai Ketinggalan

4 Amalan yang Dapat Dilakukan Pada saat Malam Nuzulul Quran, Jangan Sampai Ketinggalan

4 Amalan yang Dapat Dilakukan Pada saat Malam Nuzulul Quran, Jangan Sampai Ketinggalan--pixabay.com

BACA JUGA:Videonya Viral Ditabrak Tim Macan Linggau, Terlibat 40 Kasus Curamor, Juga Curi Motor Wartawan dan Guru Ngaji

Pertama sangat dianjurkan untuk tilawah atau membaca al-quran. Pada momen ini Nuzulul Quran umat muslim bisa mengisinya dengan membaca al-quran.

2. Berzikir

Selanjutnya amalan yang dapat dilakukan saat malam nuzulul quran adalah berzikir. Sebagaimana dari Aisyah RA, ia pernah bertanya kepada Rasulullah SAW, yang artinya.

“Wahai Rasul, andaikan aku bertemu Lailatul Qadar, doa apa yang bagus dibaca? Rasulullah menjawab:’ Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni.’ (Wahai Tuhan, Engkau Maha Pengampun, Engkau menyukai orang yang minta ampunan. Karenanya ampunilah aku.” (HR Ibnu Majah)

BACA JUGA:Aksi Heroik Tim Macan Tabrak Pencuri Motor di Lubuk Linggau, Pelaku Gembok Pintu Warung Korban dari Luar

3. Qiyamul Lail

Selanjutnya anda juga dapat mengerjakan salat malam atau qiyamul lail juga menjadi salah satu amalan yang dapat dilakukan ketika malam nuzulul quran, misalnya salat tarawih, witir, tahajud dan sebagainya.

4. Itikaf

Kemudian anda juga bisa itikaf untuk mengisi Nuzul Quran. Pada dasarnya, itikaf diartikan sebagai berdiam diri di masjid dengan niat beribadah kepada Allah SWT.

BACA JUGA:Sopir di BTS Ulu Musi Rawas Simpan Benda Berbahaya Saat Ramadan 2024, Terancam Denda Rp800 Juta

Sebagaimana dari Aisyah RA ia berkata, “Nabi Muhammad SAW beritikaf di 10 hari terakhir di bulan Ramadan hingga beliau wafat, kemudian para istri beliau beritikaf sepeninggal beliau,” (HR Bukhari dan Muslim)

Nah, itulah ulasan mengenai amalan yang dapat kamu lakukan pada saat malam nuzulul quran. Semoga ulasan ini bermanfaat. (*)

Dapatkan update berita LINGGAUPOS.CO.ID di platform media sosial, dengan klik LINK INI 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: