Perbedaan Malam Lailatul Qadar dan Malam Nuzulul Quran yang Perlu Kamu Pahami, Jangan Bingung

Perbedaan Malam Lailatul Qadar dan Malam Nuzulul Quran yang Perlu Kamu Pahami, Jangan Bingung

Perbedaan Malam Lailatul Qadar dan Malam Nuzulul Quran yang Perlu Kamu Pahami, Jangan Bingung--Pixabay.com

LINGGAUPOS.CO.ID - Jangan bingung, begini perbedaan antara malam lailatul qadar dan malam nuzul quran yang perlu kamu pahami sebagai seorang muslim. Berikut ulasannya.

Perbedaan antara Malam Nuzulul Quran dan Malam Lailatul Qadar adalah dua hal penting yang perlu dipahami sebagai seorang muslim.

Malam nuzulul quran dan lailatul qadar adalah malam yang spesial bagi umat muslim dan memiliki keistimewaan tersendiri.

Meskipun keduanya merupakan peristiwa yang berbeda. Namun, sama-sama mulia. Perbedaan yang paling kentara antara keduanya adalah peristiwanya.

BACA JUGA:Daftar Diskon Produk Snack dan Makanan Ringan Spesial Ramadan, Buruan ke Indomaret Hingga 31 Maret 2024

Nuzulul quran dan lailatul qadar adalah peristiwa bersejarah yang terjadi pada bulan Ramadan. Pada bulan yang mulia ini, Allah SWT menurunkan Al-Quran sebagai pedoman hidup manusia dalam dua malam yang berbeda.

Para ulama berpendapat bahwa Al Quran diturunkan dua kali dengan cara yang berbeda, yaitu diturunkan secara keseluruhan (Lailatul Qadar) dan secara bertahap (Nuzulul Quran).

Allah SWT terlebih dahulu menurunkan Al-Quran secara menyeluruh kelangit dunia, lalu dikumpulkan menjadi satu di Baitul Izzah.

Proses turunnya Al-Quran secara keseluruhan ini terjadi di malam Lailatul Qadar. Selanjutnya, malaikat Jibril menurunkannya kepada para nabi dan rasul bertahap.

BACA JUGA:Diskon Produk Biscuit dan Wafer Spesial Ramadan di Indomaret, Periode 16 Sampai 31 Maret 2024

Ayat demi ayat suci diturunkan di waktu yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan selama dua puluh tahun.

Sementara itu, Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertamanya saat berada di Gua Hira pada 610 M.  Saat itu, Jibril datang dan menyampaikan firman-firman Allah berupa surat Al-Alaq ayat 1-5.

Selain proses atau tahapannya, malam Nuzulul Quran dan malam Lailatul Qadar juga dibedakan berdasarkan waktunya.

Para ulama meyakini Nuzulul Quran terjadi pada tanggal 17 Ramadan. Hal ini berdasarkan pada firman Allah SWT dalam surat Al Anfal ayat 41, yang Artinya:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: