5 Hal yang Menghapus Pahala Puasa: Dari Gosip Hingga Berbohong, Simak Supaya Tak Sia-Sia

5 Hal yang Menghapus Pahala Puasa: Dari Gosip Hingga Berbohong, Simak Supaya Tak Sia-Sia

5 Hal yang Menghapus Pahala Puasa: Dari Gosip Hingga Berbohong, Simak Supaya Tak Sia-Sia--Pixabay.com

LINGGAUPOS.CO.ID - Ketahui 5 hal berikut ini yang dapat menghapus pahala berpuasa, dari ber gossip hingga berbohong, simak ulasan selengkapnya di bawah ini biar ibadah puasa tidak sia-sia.

Umat muslim yang ada di seluruh dunia pada bulan Ramadan ini melakukan ibadah puasa, yaitu salah satu ibadah yang bernilai pahala besar.

Tujuan dari berpuasa Ramadan sendiri tidak hanya menahan lapar dan haus. Lebih dari itu, puasa ini dilakukan untuk melatih pengendalian diri, pengorbanan, rasa empati, serta diiringi dengan perubahan diri yang konsisten untuk menjadi muslim yang lebih baik.

Salah satu yang dilakukan di bulan puasa yaitu menghindari perbuatan maksiat dan perbuatan dosa yang berpotensi menodai ibadah puasa.

BACA JUGA:Wanita Wajib Tahu, Puasa Ramadan Cegah Penuaan Dini, Berikut Penjelasannya

Hal itu tak lain supaya pahala puasanya tidak berkurang dan bisa mendapatkan kesempurnaan ganjaran di bulan Ramadan.

Adapun peringatan tentang pentingnya orang yang berpuasa untuk menjauhi kemaksiatan dan perbuatan dosa, termaktub dalam hadist Rasulullah SAW, berikut

“Betapa banyak orang yang berpuasa namun ia tidak mendapatkan dari puasanya tersebut kecuali rasa lapar dan dahaga,” (HR. Thabrani).

Hadits di atas menegaskan bahwa islam mencela bagi mereka yang berpuasa tetapi masih melakukan maksiat dan dosa. Meski puasa tidak batal dan kewajiban gugur, pahala untuk ibadah puasa juga habis. Puasa jadi sia-sia.

BACA JUGA:Ini 5 Tempat Favorit Berburu Takjil Buka Puasa Ramadan di Lubuk Linggau, Selain Mall dan Pasar

Lantas, apa sajakah hal-hal yang membatalkan pahala puasa. Berikut LINGGAUPOS.CO.ID telah merangkumnya untuk anda, dibawah ini selengkapnya.

5 Hal yang Menghapus Pahala Puasa

Berdasarkan pada sebuah hadits yang diriwayatkan Anas ra, disebutkan ada 5 perkara yang merusak pahala puasa.

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Ada 5 perkara yang membatalkan pahala orang yang berpuasa, yaitu (1) berdusta; (2) berghibah; (3) mengadu domba; (4) bersumpah palsu; (5) memandang dengan syahwat,” (HR. Dailami).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: