Wanita Wajib Tahu, Puasa Ramadan Cegah Penuaan Dini, Berikut Penjelasannya

Wanita Wajib Tahu, Puasa Ramadan Cegah Penuaan Dini, Berikut Penjelasannya

Wanita Wajib Tahu, Puasa Ramadan Cegah Penuaan Dini, Berikut Penjelasannya--freepik

YOGYAKARTA, LINGGAUPOS.CO.ID – Tak disangka, ternyata puasa di bulan Ramadan, bisa mencegah dari penuaan dini. Para Wanita wajib tahu informasi ini, berikut penjelasannya.

Informasi ini bukannya kaleng-kaleng, karena disampaikan oleh dokter spesialias syaraf dr Agus Taufiqurrahman Sp.S M.Kes.

Hal itu disampaikan oleh Agus Taufiqurrahman, yang juga Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, dalam Ceramah Tarawih di Masjid Islamic Center Universitas Ahmad Dahlan (UAD) pada Selasa malam 12 Maret 2024.

Ia mengatakan bahwa, ajaran Agama Islam isinya adalah rahmat bagi seluruh alam. 

BACA JUGA:13 Produk Perawatan di Indomaret Sedang Diskon, Catat, Mulai 13 Sampai 19 Maret 2024

Bahkan, perintah menjalankan Ibadah Puasa Ramadan, tidak hanya sebagai bukti keimanan, tapi juga bagi kesehatan.

Dikatakan Agus Taufiqurrahman, kaitan antara puasa dan manfaatnya bagi kesehatan, salah satunya puasa memiliki manfaat untuk mencegah penuaan dini

Apalagi, saat ini mengenai penuaan dini saat ini menjadi fokus kajian ilmuwan dunia.

“Di antara yang ramai saat ini adalah ilmuwan mencari bagaimana kita itu bisa awet muda, sekalipun umurnya tua tetapi tidak rapuh. Sehingga orang belajar tentang anti aging luar biasa,” katanya, dikutip dari Muhammadiyah.or.id, Kamis 14 Maret 2024.

BACA JUGA:Inilah 7 Tips Mengatur Keuangan di Bulan Ramadan 2024 Agar Tidak Tekor

Penuaan oleh manusia modern dianggap sebagai musuh yang harus dilawan, sehingga saat ini bertebaran produk-produk kecantikan. 

Padahal puasa yang disyariatkan dalam Agama Islam sudah menunjukan cara bagaimana untuk mencegah penuaan.

Agus Taufiqurrahman juga menjelaskan, proses autofaging dalam diri manusia untuk menganti sel-sel mati itu akan berjalan jauh lebih baik ketika orang dalam kondisi berpuasa.

“Ketika orang dalam kondisi berpuasa proses autofaging itu berjalan jauh lebih baik, maka bagi mereka yang tidak punya ajaran Puasa Ramadan seperti kita ini, kemudian memunculkan ide diet intermittent – sehari puasa sehari tidak, bagi kita sudah punya tuntunan Puasa Daud,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: