Semarak Peringatan HBP, WBP Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Ikuti Lomba MTQ

Semarak Peringatan HBP, WBP Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Ikuti Lomba MTQ

1 orang Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti mengikuti lomba MTQ secara Nasional.-Foto: Humas Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti-

MUSI RAWAS, LINGGAUPOS.CO.ID - Dalam menyemarakkan Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60, 1 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Muara Beliti ikut serta dalam pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) secara Nasional.

MTQ ini diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Republik Indonesia, Rabu 13 Maret 2024.

MTQ merupakan perlombaan yang memadukan antara suara merdu, keharmonisan lagu/irama tanpa melanggar kaidah tajwid dan diiringi dengan adab membaca Al-Qur’an.  

Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti, Ronald Heru Praptama menuturkan tujuan MTQ adalah untuk mendekatkan jiwa umat Islam kepada kitab suci dan meningkatkan semangat membaca, mempelajari, serta mengamalkan Al-Qur’an. 

BACA JUGA:Sambut Bulan Suci Ramadan 1445 H, WBP Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Antusias Laksanakan Salat Tarawih

BACA JUGA:Petugas P2U Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti Bekerjasama dengan Kodim 0406 Periksa Ketat Pengunjung

"Harapan kami, dengan adanya keikutsertaan Warga Binaan dalam pelaksanaan MTQ, Warga Binaan memiliki Kepekaan terhadap makna isi Al-Qur’an serta memiliki rasa khauf pada Allah sebagai pondasi dasar membangun mental dan moral yang Islami," tuturnya.

Sementara itu, Warga Binaan Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti inisial EH yang mengikuti MTQ merasa senang dengan adanya kegiatan tersebut. 

"Saya sebagai warga binaan merasa senang dan bangga dapat dipercayakan menjadi perwakilan Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti untuk ikut serta dalam pelaksanaan MTQ secara nasional," ujarnya.

Perlombaan MTQ yang dilaksanakan memiliki ketentuan, ayat/surah yang dilantunkan bebas pilihan, dengan durasi video maksimal 3 menit untuk diseleksi oleh panitia Kantor wilayah dan kemudian dikirimkan ke panitia pelaksana Ditjen PAS untuk diseleksi kembali secara Nasional nantinya.(*)

Dapatkan update berita LINGGAUPOS.CO.ID di WhatsApp. Caranya klik DI SINI, kemudian klik tombol ikuti di kanan atas di aplikasi WhatsApp. Atau gabung di WhatsApp Grup melalui LINK INI. Serta dapatkan update di Facebook di LINK INI. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: