4 Balasan Bagi Orang yang Sombong: Menjadi Penghuni Neraka, Simak Agar Tak Menyesal

4 Balasan Bagi Orang yang Sombong: Menjadi Penghuni Neraka, Simak Agar Tak Menyesal

4 Balasan Bagi Orang yang Sombong: Menjadi Penghuni Neraka, Simak Agar Tak Menyesal--freepik

LINGGAUPOS.CO.ID - Ketahui berikut ini 4 balasan bagi orang sombong, akan menjadi penghuni neraka, simak ulasannya berikut ini agar tak menyesal.

Sebagai seorang muslim kita diajarkan untuk tidak sombong, sebab balasan bagi orang yang sombong salah satunya menjadi penghuni neraka.

Sombong sendiri merupakan watak dan sifat manusia yang merasa agung atau mengagungkan dirinya sendiri serta menganggap rendah dan kurang yang lainnya.

Meskipun sifat sombong merupakan fitrah yang sudah muncul sejak manusia lahir, akan tetapi ada baiknya seorang manusia diajarkan tentang adab dan tata krama, seperti rendah diri, saling menerima dan memaafkan.

BACA JUGA:Pasca Banjir di Musi Rawas, Masyarakat Desa Semangus Baru Gotong Royong Tambal Jalan

Allah SWT telah melarang umat manusia berlaku sombong. Larangan ini termaktub dalam Al-Quran surah Luqman ayat 18, yang artinya.

“Janganlah memalingkan wajahmu dari manusia (karena sombong) dan janganlah berjalan di bumi ini dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi sangat membanggakan diri,” 

Adapun Imam Al- Ghazali mengatakan dalam Mukasyafatul Qulub, sombong adalah kedurhakaan pertama yang menimpa iblis yang akhirnya membuat Allah SWT melaknat dan mengusirnya dari surga.

Oleh karena itu sikap sombong menjadi sangat tercela, bahkan ada balasan yang menyakitkan bagi orang yang sombong. Berikut LINGGAUPOS.CO.ID telah merangkumnya untuk anda, sebagai berikut.

BACA JUGA:Daftar Promo Minyak Goreng di Alfamart, Periode 8 Sampai 11 Maret 2024

Mengutip dari Kitab Riyadhus Shalihin karya Imam an-Nawawi, berikut sejumlah hadits yang menerangkan tentang balasan bagi orang yang sombong.

4 Balasan Orang Sombong

1. Tidak akan masuk Surga 

Pertama, dalam sebuah hadis disebutkan bahwa orang yang sombong tidak akan masuk surga. Berdasarkan pada hadits shahih yang berasal dari Abdullah bin Mas’ud RA dari Nabi SAW bahwa beliau bersabda,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: