Cara Cek STNK dan BPKB Asli, Awas Kena Tipu yang Palsu Apalagi Kendaraan Bekas

Cara Cek STNK dan BPKB Asli, Awas Kena Tipu yang Palsu Apalagi Kendaraan Bekas

Cara Cek STNK dan BPKB Asli, Awas Kena Tipu yang Palsu Apalagi Kendaraan Bekas--instagram: samsatpedia

LINGGAUPOS.CO.ID - Ketahui cara cek STNK dan BPKB kendaraan motor yang asli, awas jangan sampai kena tipu dapat yang palsu dari beli kendaraan bekas.

Pengecekan kembali memang penting untuk dilakukan, selain demi menghindari kesalahan hal ini juga supaya kita dapat terhindar dari pembohongan alias pemalsuan.

Utamanya dalam membeli kendaraan motor bekas, meskipun penjualnya menyediakan BPKB serta STNK, tak ada salahnya untuk anda cek kembali.

Sebab, Pengecekan keaslian Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) harus dilakukan konsumen sebelum membeli motor bekas untuk menghindari mendapati yang palsu.

BACA JUGA:3 Film Horor Terbaru yang Menguji Adrenalin, Serem Parah, Ada Kisah Nyata

Pasalnya hal tersebut pernah terjadi, dimana Jajaran Polresta Malang Kota berhasil menangkap pencurian sepeda motor.

Kemudian diketahui jika mereka menjual motor lengkap dengan BPKB dan STNK ilegal yang dibeli secara daring.

Oleh karenanya, agar kamu terhindar dari penipuan BPKB beserta STNK motor palsu, kamu harus mengetahui bagaimana cara cek BPKB dan STNK yang asli.

Lantas, bagaimana caranya. Nah berikut LINGGAUPOS.CO.ID telah merangkumnya untuk anda, sebagai berikut.

BACA JUGA:Prediksi Fulham vs Bournemouth, Premier League, Sabtu 10 Februari 2024, Kick Off 22.00 WIB

Cara Cek Keaslian BPKB 

1. Pertama, kamu mesti periksa halaman sampul BPKB. BPKB asli menggunakan bahan yang lebih mengkilap sedangkan BPKB palsu warnanya lebih buram.

2. Selanjutnya, Cek pula hologram di halaman pertama BPKB. Jika diterawang warnanya tetap abu-abu, maka BPKB tersebut asli. Sementara, jika diterawang dan warna hologramnya berubah menjadi kekuningan, hampir bisa dipastikan BPKB tersebut palsu.

3. Periksa dan Teliti nomor seri di bawah hologram pada halaman pertama. Sampaikan nomor tersebut kepada pihak kepolisian lalu lintas untuk pengecekan. Perlu diingat, detail nomor seri tidak bisa dipublikasi kepada umum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: