Hari Pers Nasional 9 Februari, Begini Sejarah dan Temanya 2024

Hari Pers Nasional 9 Februari, Begini Sejarah dan Temanya 2024

Hari Pers Nasional 9 Februari, Begini Sejarah dan Temanya 2024--pwi

BACA JUGA:5 Tahun LINGGAUPOS.CO.ID dan Semangat untuk Terus Berkarya

Kedua, sebagai aktivis politik yang melibatkan diri dalam kegiatan membangun  perlawanan terhadap penjajahan.

Kemudian setelah masa proklamasi, wartawan masih melakukan peran ganda mereka sebagai aktivis pers sekaligus aktivis politik.

Pada masa kemerdekaan Indonesia, kedudukan dan peranan wartawan khususnya, serta pers pada umumnya, mempunyai arti strategik sendiri dalam upaya lanjutan demi mewujudkan cita-cita kemerdekaan.

Peran serta perjuangan wartawan dan pers Indonesia kemudian memperoleh wadah dan media dalam lingkup nasional dengan berdirinya organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pada 9 Februari 1946.

BACA JUGA:Prediksi Salernitana vs Empoli, Serie A, Sabtu 10 Februari 2024, Kick Off 02.45 WIB

Dengan berdirinya PWI ini maka, wartawan Indonesia menjadi semakin teguh dalam menampilkan perannya.

Selanjutnya, Hari Pers Nasional (HPN) dibahas dan menjadi salah satu hasil dari Kongres PWI ke-28 yang diadakan di Padang pada 1978.

Sementara itu, Isu tentang Hari Pers Nasional tercetus dari keinginan tokoh-tokoh pers untuk memperingati kehadiran dan peran pers Indonesia dalam lingkup nasional.

Selanjutnya 7 tahun kemudian, tanggal 9 Februari yang merupakan hari berdirinya organisasi PWI ditetapkan sebagai peringatan Hari pers Nasional secara resmi.

BACA JUGA:Moana 2 Rilis Teaser dan Siap Tayang di Bioskop 27 November 2024

Melalui Keppres RI Nomor 5 Tahun 1985 tentang Hari Pers Nasional, bahkan hingga kini 9 Februari diperingati sebagai Hari Pers Nasional juga HUT PWI. (*)

Dapatkan update berita LINGGAUPOS.CO.ID di WhatsApp. Caranya klik DI SINI, kemudian klik tombol ikuti di kanan atas di aplikasi WhatsApp. Atau gabung di WhatsApp Grup melalui LINK INI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: