7 Tradisi Unik Isra Mi’raj Berbagai Daerah di Indonesia

7 Tradisi Unik Isra Mi’raj Berbagai Daerah di Indonesia

Tradisi unik Isra Mi'raj --Frepik.com

LINGGAUPOS.CO.ID - Bagi umat muslim, Isra Mi’raj merupakan salah satu peristiwa penting untuk diperingati. Isra Mi’raj biasa diperingati setiap hari ke 27 pada bulan Rajab. 

Isra Mi’raj juga merupakan suatu kejadian yang berkaitan dengan Nabi Muhammad SAW, yaitu Rasulullah SAW melakukan perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa hanya dalam satu malam dan naik ke Sidratulmuntaha untuk menerima perintah menunaikan salat 5 waktu sehari semalam yang kita lakukan sekarang ini.

Walaupun Isra Mi’raj sering dimaknai sebagai suatu peristiwa, namun Isra dan Mi’raj adalah dua kata yang memiliki makna sendiri yaitu Isra yang bermakna perjalanan Rasulullah dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, sedangkan Mi’raj bermakna perjalanan Rasulullah dari Masjidil Aqsa naik ke Sidratulmuntaha dan bertemu dengan Allah SWT.

Tentunya dalam memaknai peristiwa Isra Miraj seluruh umat muslim di berbagai negara melakukan peringatan dengan berbagai tradisinya masing-masing. 

BACA JUGA:Kapan Perayaan Isra Mi’raj Tahun 2024? Inilah Pendapat Para Ulama

Dikutip LINGGAUPOS.CO.ID dari berbagai sumber, pada Senin 29 Januari 2024 berikut ini beberapa tradisi unik perayaan Isra Miraj di berbagai daerah di Indonesia:

1. Rajaban di Cirebon

Tradisi Isra’ Mi’raj berupa rajaban dilakukan dengan melakukan ziarah ke Plangon (makam penyebar ajaran Islam Pangeran Panjunan dan Pangeran Kejaksan). 

Keraton Kasepuhan Cirebon juga akan mengadakan pengajian dan membagikan nasi bogana kepada warga.

BACA JUGA:Di Lubuk Linggau Harga LPG 3 Kg Rp16.000, di Pangkalan dan Warung Kok Beda Ya

2. Ambengan

Ambengan adalah tradisi yang biasanya dilakukan oleh masyarakat Jawa Tengah dan Jawa Timur untuk perayaan Isra Miraj. 

Tradisi ini adalah makan bersama untuk memperingati hari besar umat islam.

Ambeng yang dalam Bahasa jawanya berarti wadah dengan ukuran yang tanggung. Pada ambeng atau wadah yang tersedia, diletakkan nasi dan lauk, seperti mie goreng, ayam, terlur, kentang dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: