6 Jenis Nasi Sering Disajikan Saat Isra Mi'raj di Indonesia, Apa Saja

6 Jenis Nasi Sering Disajikan Saat Isra Mi'raj di Indonesia, Apa Saja

Jenis nasi kuning sering disajikan saat Isra Mi'raj --freepik.com

LINGGAUPOS.CO.ID - Isra Mi’raj merupakan salah satu perayaan keagamaan diperingati umat Muslim di dunia.

Isra Mi'raj merupakan peristiwa dimana Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan satu malam dari Masjidil Haram menuju Masjidil Aqsa.

Lalu dilanjutkan ke Sidratul Muntaha atau langit ketujuh, ditemani malaikat Jibril untuk mendapatkan perintah sholat lima waktu oleh Allah SWT.

Tidak cuma melakukan amalan-amalan yang mendatangkan pahala. Di beberapa daerah di Indonesia, perayaan Isra Mi'raj dilakukan dengan menyajikan hidangan atau makanan khas peringatan tersebut.

BACA JUGA:Guru Honoror Muratara Divonis 6 Bulan, Gara-gara Dilaporkan Menganiaya Murid yang Ketahuan Nyanyi di Kelas

Lalu ada jenis menu nasi apa saja si yang biasa disajikan saat peringatan Isra Mi'raj? Yuk cari tahu informasi lengkapnya disini.

Dikutip LINGGAUPOS.CO.ID dari berbagai sumber pada Senin 29 Januari 2023, berikut beberapa jenis menu nasi yang khas disajikan saat Isra Mi'raj di Indonesia.

1. Nasi Kuning

Makanan yang kerap ada saat perayaan Isra Mi'raj salah satunya adalah nasi kuning. Nasi kuning kerap disajikan dalam bentuk tumpeng dalam acara besar.

BACA JUGA:Imbas Banjir, Pelajar Desa Sosokan Muratara Harus Meniti Kawat Bekas Jembatan Gantung

Nasi kuning sering disajikan saat Isra Mi'raj di daerah Jawa Timur. Nasi kuning kerap menjadi pilihan dalam perayaan Nyadran atau Rajaban. Nyadran ini biasanya diawali dengan berdoa bersama, terutama untuk para leluhur maupun keluarga pendahulu masyarakat setempat.

Acara diakhiri dengan makan bersama yang telah dibawa dari rumah. Nasi kuning biasanya disajikan dengan ayam, sambal goreng, mie, dan telur.

Namun, ada pula yang menambahkan lauknya dengan perkedel dan serundeng.

2. Nasi Ambeng

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: