5 Kebiasaan Dilakukan Saat Perayaan Imlek Mirip Lebaran Idul Fitri, Apa Saja

5 Kebiasaan Dilakukan Saat Perayaan Imlek Mirip Lebaran Idul Fitri, Apa Saja

Kebiasaan hari raya imlek yang miriplebaran--Pixabay.com

LINGGAUPOS.CO.ID- Setidaknya ada 5 kebiasaan yang dilakukan saat hari raya Imlek yang hampir mirip Lebaran Idul Fitri. Apa saja kira-kira, cek berikut ulasan selengkapnya.

Tinggal menghitung hari akan tiba pada saat perayaan Imlek, perayaan ini dirayakan bagi mereka yang merayakannya saja, terutama masyarakat di Tiongkok.

Namun, tidak hanya di negara Tiongkok atau Asia Timur lainnya, Asia Tenggara termasuk Indonesia juga turut ikut serta mewarnai hari perayaan Imlek.

Perayaan Imlek atau tahun baru China ini sering dijadikan momen untuk berkumpul bersama keluarga dan orang-orang terdekat.

BACA JUGA:5 Makanan Khas Imlek yang Memiliki Makna Mendalam, Makanan yang Wajib Dihidangkan

Diketahui bahwa perayaan Imlek 2024 jatuh pada Hari Sabtu, 10 Februari 2024, Bagi yang merayakan imlek pun berbagai persiapan sudah mereka lakukan termasuk pernak pernik yang wajib ada saat Imlek atau Tahun Baru China ini.

Ada beragam cara yang dilakukan warga keturunan China atau Tionghoa saat menyambut Tahun Baru Imlek, mulai dari menghias rumah sampai menyiapkan hidangan spesial.

Mereka juga akan membagikan angpao hingga masak makanan khusus saat imlek yang sarat akan makna.

Disamping itu, yang menarik perhatian adalah bahwa ada beberapa kebiasaan merayakan Imlek yang jika dipikir-pikir mirip dengan saat perayaan Lebaran orang Islam.

BACA JUGA:Perhatikan! Inilah 5 Shio yang Wajib Berhati-Hati dengan Makanan di Tahun Naga Kayu Imlek 2024

Meskipun tidak harus, namun biasanya saat lebaran tiba, masyarakat Indonesia yang merayakan akan berbondong-bondong membeli baju baru, memasak makanan khas lebaran hingga pemberian THR (Tunjangan Hari Raya).

Nah, kira-kira apa sajakah kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan oleh orang Tionghoa termasuk yang ada di Indonesia saat menyambut Perayaan Imlek.

Berikut LINGGAUPOS.CO.ID telah merangkumnya untuk anda, mengutip dari berbagai sumber, berikut ini selengkapnya.

5 Tradisi atau Kebiasaan Saat imlek

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: