Tiga Kabupaten di Sumatera Selatan Masih Banjir, Pj Gubernur Beri Pesan ke Bupati

Tiga Kabupaten di Sumatera Selatan Masih Banjir, Pj Gubernur Beri Pesan ke Bupati

Tiga Kabupaten di Sumatera Selatan Masih Banjir, Pj Gubernur Beri Pesan ke Bupati--

MURATARA, LINGGAUPOS.CO.ID – Tiga Kabupaten di Sumatera Selatan masih tergenang banjir. Yakni, Musi Rawas Utara (Muratara), Muara Enim dan Musi Banyuasin (Muba).

Berkaitan dengan banjir di tiga daerah ini, Pj Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni melakukan peninjauan ke tiga kabupaten tersebut, Jumat 19 Januari 2024.

Awalnya Pj Gubernur mengunjungi Kabupaten Muara Enim. Ia melihat langsung kondisi banjir di Desa Danau Rata, Sungai Rotan, Muara Enim.

Gubernur juga mengecek dan memastikan kelengkapan posko banjir serta menyerahkan sejumlah bantuan, di antaranya logistik dan obat-obatan guna meringankan beban masyarakat.

BACA JUGA:Muara Enim dan Prabumulih Banjir, KKKS Pertamina EP Limau Field Salurkan Bantuan ke 9 Desa

Di Muara Enim sendiri, berdasarkan laporan Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali, diketahui ada 10 Kecamatan yang terdampak banjir.

Yakni, Kecamatan Muara Enim, Kecamatan Ujan Mas, Kecamatan Benakat, Kecamatan Gunung Megang, Kecamatan Blimbing.

Kemudian Kecamatan Empat Petulai Dangku, Kecamatan Sungai Rotan, Kecamatan Lembak Enam, Kecamatan Gelumbang dan Kecamatan Muara Belida. 

“Dari 10 kecamatan tersebut terdiri dari  73 desa, dengan total 15.270 KK yang terdampak,” jelas Pj Bupati Muara Enim.

BACA JUGA:Cerita Heri, Warga Muba yang Rumahnya Roboh Diterjang Banjir, Usai Salat Subuh Rumah Mendadak Miring

Selain itu, diketahui ada dua kecamatan yang mengalami tanah longsor, yaitu Kecamatan Semende Darat Ulu dan Kecamatan Semende Darat Tengah dengan 4 titik longsoran. 

Banjir juga menyebabkan tiga jembatan rusak, yaitu jembatan gantung putus di Kecamatan Belimbing dan di Kecamatan Empat Petulai Dangku sedangkan satu unit jembatan beton rusak parah di Kecamatan Benakat termasuk satu unit rumah roboh di Desa Pagar Dewa Kecamatan Benakat.

Kemudian di Muratara, Pj Gubernur Agus Fatoni juga meninjau ke lokasi banjir.

Ia juga menyerahkan bantuan kepada masyarakat terdampak banjir, di antaranya, 7.750 kilogram beras, 570 paket sembako, 50 lembar matras, 70 paket makanan siap saji, 500 paket biskuit, peralatan medis dan obat-obatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: