Pemerintah Berencana Hentikan Sementara Alokasi Anggaran untuk Beasiswa LPDP, Tapi Jokowi Minta Tingkatkan

Pemerintah Berencana Hentikan Sementara Alokasi Anggaran untuk Beasiswa LPDP, Tapi Jokowi Minta Tingkatkan

Pemerintah Berencana Hentikan Sementara Alokasi Anggaran untuk Beasiswa LPDP, Tapi Jokowi Minta Tingkatkan--Pixabay.com

BACA JUGA:Divonis 13 Tahun, ini Kata Orang Tua Siswa yang Ketapel Guru di Rejang Lebong

“(Dana) yang sudah ada itu saja yang digunakan. Kan itu dana permanen, yang digunakan hanya manfaatnya, bunganya, hasil kelola anggaran yang itu. Sebetulnya sisa dari manfaat itu yang belum terserap untuk bisa dimasukkan juga buat dana abadi” Lanjutnya.

Sementara itu, sebelumnya Presiden Joko Widodo justru meminta agar jumlah penerima beasiswa LPDP ditingkatkan hingga lima kali lipat, karena menurutnya, jumlah penerima LPDP masih sangat kurang.

Hal tersebut seperti yang Jokowi ucapkan pada saat menghadiri acara Temu Tahunan XXV Forum Rektor Indonesia di Surabaya, pada Senin 15 Januari 2024.

“Jumlah penerima beasiswa juga sudah meningkat 7 kali lipat dari awal LPDP dibuka, tapi ini masih jauh, masih sangat kurang. Saya kira perlu ditingkatkan paling tidak 5 kali lipat dari yang sudah ada sekarang,” Ujarnya.

BACA JUGA: Kenapa Ibu Hamil Sering Mengalami Sakit Kaki, Cari Tahu Penyebabnya di Sini

Meskipun Jokowi menyadari bahwa membutuhkan anggaran besar untuk meningkatkan jumlah penerima beasiswa LPDP hingga lima kali lipat.

Namun, menurutnya hal ini harus dilakukan demi meningkatkan rasio penduduk berpendidikan tinggi terhadap populasi produktif.

“Sekali lagi, butuh anggaran besar dan pembiayaan yang besar tetapi tetap ini menjadi kewajiban kita untuk mencarikan jalan agar rasio kita tadi bisa terangkat naik,” Ucap Jokowi. (*)

Dapatkan update berita setiap hari dari LINGGAUPOS.CO.ID di WhatsApp. Caranya klik DI SINI, kemudian klik tombol ikuti di sudut kanan atas di aplikasi WhatsApp. Atau gabung di WhatsApp Grup melalui LINK INI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: