Hujan Meningkat, Pegunungan Mekkah Semakin Terlihat Menghijau, Pertanda Kiamat?

Hujan Meningkat, Pegunungan Mekkah Semakin Terlihat Menghijau, Pertanda Kiamat?

Viral di media sosial, terlihat pegunungan dan dataran tinggi Makkah yang semakin menghijau hanya kurun waktu lima bulan terakhir. Tutupan vegetasi dilaporkan meningkat 600 persen dari Agustus hingga Desember 2023.--Instagram @unexplnd

LINGGAUPOS.CO.ID – Viral di media sosial, terlihat pegunungan dan dataran tinggi Makkah yang semakin menghijau hanya kurun waktu lima bulan terakhir.

Tutupan vegetasi dilaporkan meningkat 600 persen dari Agustus hingga Desember 2023.

Diambil dari berbagai sumber yang dikutip pada Selasa, 16 Januari 2024.

Sebagaimana dilaporkan dari Pusat Nasional untuk Pengembangan Tutupan Vegetasi dan Pemberantasan Desertifikasi (NCVC) Arab  Saudi, pada Senin 8 Januari 2024. 

BACA JUGA:Berangkat dari Qatar, Amerika Serikat Kirim Pesawat RC-135W Diduga untuk Melawan Pasukan Yaman

Dalam laporan tersebut dikatakan peningkatan cakupan wilayah hijau ini disebabkan oleh kondisi hujan. Dalam periode tersebut, curah hujan mencapai 200 mm di beberapa daerah.

Analisis data tersebut juga mengungkapkan total luas tutupan vegetasi Makkah pada Agustus 2023 adalah 3.529,4 km², mewakili 2,3 persen dari total luas wilayah.

Diketahui, luas wilayah ini berangsur-angsur meningkat pada bulan-bulan berikutnya seiring peningkatan curah hujan, mencapai 26.256 km² pada akhir tahun.

Dikatakan pada Desember 2023, tutupan vegetasi ini meningkat menjadi 17,1 persen dari total wilayah Makkah, termasuk di pegunungan dan dataran tinggi yang sejajar dengan pantai Laut Merah yaitu ketinggian 500 hingga 2.600 meter.

BACA JUGA:5 Tips Berhenti Merokok dengan START, Yuk Dimulai dari Sekarang

Kondisi yang sama juga dialami di gubernuran Makkah, Thaif, Al Laith, Al Jumum, Al Kamil hingga Khulais.

Pihak NCVC juga melakukan sebuah studi mengenai status kawasan tutupan vegetasi dan memantau perubahan lokasi proyek penanaman pohon.

Pihaknya juga melacak perubahan tutupan lahan serta menghitung volume curah hujan dan menilai kesehatan tanaman menggunakan teknologi penginderaan jauh dengan kecerdasan buatan (AI).

Penampakan wilayah Makkah yang menghijau ini turut dibagikan oleh kantor berita Saudi, SPA pada Kamis, 21 Desember 2023 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: