Tanggapan Anies Mengenai Pengungsi Rohingya yang Terus Menerus Berdatangan ke Indonesia

Tanggapan Anies Mengenai Pengungsi Rohingya yang Terus Menerus Berdatangan ke Indonesia

Calon Presiden Pilpers 2024 nomor urut 1, Anies Baswedan menanggapi Pulau Galang yang dulu pernah dijadikan tempat mengungsi warga Vietnam saat perang saudara 1980.--Instagram @aniesbaswedan

LINGGAUPOS.CO.ID – Calon Presiden Pilpers 2024 nomor urut 1, Anies Baswedan menanggapi Pulau Galang yang dulu pernah dijadikan tempat mengungsi warga Vietnam saat perang saudara 1980.

Diambil dari berbagai sumber yang dikutip pada Selasa, 26 Desember 2023.

Pada saat ditanya oleh awak media mengenai nasib pengungsi Rohingya yang terkantung-kantung di perairan Aceh Utara dan ditolak oleh sebagian masyarakat Aceh.

Ia menjawab bahwa dahulu Indonesia juga pernah menggunakan pulau Galang sebagai tempat penampungan warga Vietnam.

BACA JUGA:5 Manfaat Daun Serai bagi Kesehatan, Ampuh Atasi Sakit Kepala

"Pengalaman dulu Indonesia ketika memiliki pulau Galang, di tempat itulah manusia-manusia perahu dari Vietnam ditampung. 

Di satu sisi peran kemanusiaan dikerjakan, di sisi lain tidak melakukan disrupsi atas kegiatan masyarkat yang ada," jawab Anies dalam acara Desak Anies di Aryaduta, Gambir, Jakarta Pusat, pada Jum’at 22 Desember 2023.

Selain itu ia juga mengatakan, pernah memiliki pengalaman menampung pengungsi pada saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Dirinya menjawab pernah menampung banyak pengungsi dari Afganistan sebagai berperan ikut serta untuk menjaga perdamaian dunia.

BACA JUGA:Tak Hanya Cantik, ini 4 Manfaat Teh Rosella Bagi Kesehatan, Salahsatunya Mengatasi Kolesterol Tinggi

"Dan sebagai warga dunia, kita ambil tanggungjawab. Ketika ada orang datang ke tanah kita, maka kita melakukan aktivitas kemanusiaan, karena mereka ada sesama manusia yang kita ada tanggungjawab," lanjutnya.

Dia juga menjelaskan, pada saat pengungsi Afganistan ini berbaur dengan masyarakat sekitar, terjadi konflik horizontal.

Oleh sebab itu, ia menginginkan kedepannya ada tempat permanen yang layaknya Pulau Galang untuk membuka khusus bagi pengungsi Vietnam puluhan tahun lalu.

"Sekarang, nampaknya ke depan kita harus menyiapkan tempat yang semi permanen, kenapa? karena sepertinya peristiwa seperti ini kelihatannya akan terus berulang terjadi. Ketika berulang terjadi kita harus siap antisipasi, secara anggaran memungkinkan, hanya ada kemauan atau tidak," lanjut Anies.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: