Ternyata Indonesia Jadi Negara Pertama yang Menerapkan MLFF Sistem Pembayaran di Jalan Tol

Ternyata Indonesia Jadi Negara Pertama yang Menerapkan MLFF Sistem Pembayaran di Jalan Tol

Ternyata Indonesia Jadi Negara Pertama yang Menerapkan MLFF Sistem Pembayaran di Jalan Tol--instagram: pupr_bpjt

LINGGAUPOS.CO.ID - Ternyata Indonesia jadi Negara pertama yang menerapkan sistem pembayran di tol menggunakan MLFF, mulai 2024.

Seperti yang diketahui bahwa sistem pembayaran di jalan tol dengan  MLFF ini telah direncanakan oleh pemerintah sejak beberapa tahun belakang.

Pada 2022, pemerintah sendiri berencana akan menerapkan teknologi MLFF di gardu tol secara bertahap hingga akhir 2022. Namun, karena beberapa kondisi akhirnya penerapan MLFF ini diundur.

Namun, kementerian PUPR kembali menyampaikan akan menghapus transaksi bayar layanan jalan tol dengan cara tapping kartu e-toll mulai 2024. Hal tersebut berarti sistem pembayaran jalan tol dengan MLFF akan mulai diterapkan.

BACA JUGA:3 Jalan Tol Terpanjang di Indonesia Ada di Sumatera, Ini Lokasinya

Sementara itu, PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) mengungkapkan Indonesia menjadi pionir dan Negara pertama di Asia Tenggara atau ASEAN yang menerapkan Teknologi Multi Lane Free Flow (MLFF) ini.

“Indonesia menjadi pionir dan Negara pertama di Asia Tenggara yang akan menerapkan teknologi MLFF berbasis GNSS” Ucap Direktur PR. RITS.

Direktur PT RITS, Gyula Orosz juga menambahkan, bahwa implementasi MLFF memang menjadi bagian dan langkah penting Indonesia dalam modernisasi jaringan transportasi dengan teknologi tinggi yang handal serta memberikan standar bagi Negara lain untuk merevolusi sistem totalnya.

Sebab, teknologi MLFF merevolusi perjalanan menggunakan jalan tol sehingga menjadi lancar dan efisien serta membawa Indonesia dalam memasuki era Toll Roads Technology 4.0.

BACA JUGA:Perbedaan pembayaran Tol MLFF dan Kartu E-Toll, Jangan Salah, Ketahui Hal Ini

MLFF di Indonesia sendiri sudah memasuki tahap implementasi dan uji coba di tol Mandara Bali pada Desember 2023.

Bahkan, Badan usaha pelaksana (BUP), PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) akan melakukan evaluasi dari hasil uji coba perdana penerapan sistem jalan tol non-tunai nirsentuh atau Multi Free Flow (MLFF).

Uji perdana Multi Free Flow (MLFF) yaitu di Tol Bali Mandara. Proses evaluasi ini akan dilakukan pada Februari 2024.

Hal tersebut seperti yang disampaikan oleh Direktur PT RITS, Gyula Orosz, menjelaskan, pihaknya akan melangsungkan proses Uji coba pada sejumlah kendaraan friendly user hingga periode Januari 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: