Uji Coba Perdana Sistem MLFF di Jalan Tol Bali Mandara, Malaysia Memantau Mau Belajar

Uji Coba Perdana Sistem MLFF di Jalan Tol Bali Mandara, Malaysia Memantau Mau Belajar

Uji Coba Perdana Sistem MLFF di Jalan Tol Bali Mandara, Malaysia Memantau Mau Belajar--instagram: jasamargabalitol_official

LINGGAUPOS.CO.ID - Uji coba perdana penerapan sistem MLFF di jalan tol Bali Mandara, kabarnya akan dipantau oleh Malaysia yang mau belajar juga.

Menindaklanjuti penerpan MLFF pengganti kartu r-tol yang akan diterapkan mulai 2024, pemerintah akan menggelar uji coba sistem Multi Lane Free Flow (MLFF) tersebut.

Rencananya untuk tahap awal uji coba perdana akan dilaksanakan di tol Bali Mandara pada 12 Desember 2023.

Uji coba tersebut akan dilakukan secara terbatas hanya untuk friendly user di Bali, hal tersebut seperti yang disampaikan oleh Direktur RITS Indonesia Gyula Orosz.

BACA JUGA:10 Kota dengan Kemiskinan Tertinggi di Indonesia, Lubuklinggau Urutan Berapa Ya

“Untuk tahapannya di awal, kita akan lakukan yang namanya tes uji coba atau dengan friendly user di Bali. Untuk internal testing sendiri sudah dilakukan dan sudah berjalan baik” Jelasnya

Adapun friendly user yang dimaksud adalah, kendaraan yang seperti; kendaraan dinas kementerian, hingga kepolisian. Rencananya juga akan diikutsertakan pula sejumlah perusahaan taksi di Bali.

Selain itu, Gyula juga menerangkan, masa percobaan ini tidak akan dilakukan selama satu bulan penuh, tetapi akan dibagi kedalam beberapa periode hingga Januari 2024.

Hal tersebut juga berarti, uji coba tersebut tidak akan mengganggu masa-masa puncak libur natal dan tahun baru (Nataru).

BACA JUGA:Korban Erupsi Gunung Marapi, 23 Pendaki Tewas, 16 Terindentifikasi, 52 Orang Selamat, Berikut Daftar Namanya

Setelah uji coba selesai dilaksanakan, uji coba akan dievaluasi pemerintah pada bulan Februari 2024. Barulah pada Maret 2024 mendatang akan mulai masuk ke dalam masa transisi perpindahan ke operasi secara komersial.

Lebih lanjut Gyula juga menuturkan, setelah melakukan uji coba Bali, selanjutnya uji coba akan diperluas ke 6 ruas tol di kawasan Jabodetabek. 

Namun untuk detail ruas-ruas mana saja, pihaknya masih belum dapat memastikannya, tergantung dari diskusi bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Uji Coba Dipantau Malaysia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: