Hari ini, Jumat 27 Oktober 2023 Merupakan Hari Listrik Nasional ke 75 Tahun, Berikut Sejarahnya

Hari ini, Jumat 27 Oktober 2023 Merupakan Hari Listrik Nasional ke 75 Tahun, Berikut Sejarahnya

Hari ini, Jumat 27 Oktober 2023 Merupakan Hari Listrik Nasional ke 75 Tahun, Berikut Sejarahnya--

LINGGAUPOS.CO.ID - Tepat pada hari ini, jumat 27 oktober 2023 merupakan hari listrik nasional, lantas bagaimana sejarah nya?

Mengutip dari berbagai sumber berikut ini sejarah hari listrik nasional.

Sejarah Hari Listrik Nasional

Tepat pada hari ini Indonesia memperingati hari listrik nasional ke-75 tahun dan bagaimana 27 oktober bisa menjadi tanggal penting sebagai penanda hari listrik bagi Indonesia? Yuk simak sampai selesai.

BACA JUGA:Pohonnya Berduri, Tanaman Ini Diyakini Bisa Mengusir Jin Kafir, Berikut Manfaat Daun dan Buah Bidara

Tanggal 27 oktober dipilih karena sebuah aturan penetapan pemerintah pasca kemerdekaan Republik Indonesia penetapan Pemerintah Nomor satu tanggal 27 oktober tahun 1945.

Peraturan tersebut mengatur tentang pembentukan jawatan listrik dan gas pertama Republik Indonesia.

Sebelumnya perusahaan listrik dan gas itu dikuasai Jepang, tetapi jauh sebelum itu tepatnya pada akhir abad ke 10 Indonesia sudah mulai mempunyai listrik.

Pada saat itu, beberapa Perusahaan milik Belanda yang berdiri di tanah air mendirikan pembangit listrik untuk keperluan pabrik teh dan keperluan laiinya.

BACA JUGA:Kinerja APBN Wilayah Limatara Sampai Dengan Triwulan III 2023

Setelah Belanda menyerah ke pihak jepang di perang Indonesia maka Indonesia dikuasai oleh pihak jepang yang otomatis aset yang dimiliki belanda di Indonesia kemudian dikuasai jepang, termasuk Perusahaan listrik dan gas yang dimiliki oleh belanda sebelumnya.

Hari listrik ini juga tidak bisa kita lepaskan dengan perjuangan bangsa Indonesia untuk lepas dari penjajah.

Tepat jepang kalah pada perang dunia ke 2 dan Indonesia melangsungkan proklamasi pada agustus tahun 1945 kesempatan ini lah yang dimanfaatkan oleh rakyat Indonesia untuk mengambil hak mereka.

Setelah direbut oleh para pemuda dan buru listrik perusahaan-perusahaan tersebut kemudian diserahkan kepada pemerintah Indonesia pada tanggal 27 oktober.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: