5 Masjid Wisata Religi yang Menarik Dikunjungi di Sumsel, Salah Satunya Masjid Agung As-Salam Lubuklinggau

5 Masjid Wisata Religi yang Menarik Dikunjungi di Sumsel, Salah Satunya Masjid Agung As-Salam Lubuklinggau

Masjid Agung As-Salam Lubuklinggau di Jalan Garuda Kelurahan Pasar Permiri Kecamatan Lubuklinggau Barat II Kota Lubuklinggau-foto: agungperdana linggaupos.co.id-

BACA JUGA:Informasi Mengenai 6 Manfaat Biji Nangka untuk Kesehatan, Lengkap dengan Kandungan Nutrisinya

2. Masjid Agung Palembang

Masjid terbesar di Palembang ini sebagaimana sejarahnya, didirikan pertama kali oleh Sultan Mahmud Badaruddin I Jayo Wikramo pada abad ke 8.

Konon, Masjid Agung Palembang ini sendiri ternyata dirancang oleh arsitektur yang berasal dari Eropa yang dipadu padankan dengan arsitektur khas Indonesia dan Tiongkok.

Berbeda dengan masjid lainnya yang menggunakan kubah masjid, Masjid Agung Palembang justru menggunakan atap berbentuk Limas dengan ornamen emas cri khas budaya Tiongkok.

BACA JUGA:Harga Pertalite Terbaru 1 Oktober 2023, Setelah Pertamina Naikkan Harga BBM

Sementara di bagian terasnya, terdapat beberapa pilar-pilar besar dan kokoh seperti ciri khas bangunan berarsitektur Eropa.

Masjid yang berlokasi tepat di jantung Kota Palembang ini dapat menampung jemaah lebih kurang 15 ribuan jemaah, dan menjadi landmark Kota Palembang.

3. Masjid Suro Palembang

Masjid Suro dikenal juga dengan nama lain Masjid Al Mahmudiyah, merupakan salah satu masjid tertua di di Kota Palembang.

BACA JUGA:Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang Ke 2 Akhirnya Dibuka ini Dia Informasi Selengkapnya

Menurut sejarahnya, Masjid Suro yang diperkirakan telah berumur lebih dari 1 abad ini pernah ditutup selama lebih kurang 36 tahun pada masa penjajah Belanda.

Masih banyak dijumpai benda-benda dari awal berdiri di Masjid Suro ini yang masih tetap dipertahankan hingga sekarang.

Benda ataupun bangunan yang masih tetap dipertahankan hingga sekarang diantaranya berupa soko guru atau tiang penyangga Masjid, Bedug dan Mimbar.

Masjid Suro yang berlokasi di Kelurahan 30 Ilir Kecamatan Ilir Barat II Palembang ini, dapat menampung jemaah lebih kurang seribu jemaah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber