Sejarah Pemuda Pancasila Membantai PKI di Masa Lalu, ini Penjelasan Ketua Sapma Pemuda Pancasila Lubuklinggau

Sejarah Pemuda Pancasila Membantai PKI di Masa Lalu, ini Penjelasan Ketua Sapma Pemuda Pancasila Lubuklinggau

Sejarah Pemuda Pancasila Membantai PKI di Masa Lalu, ini Penjelasan Ketua Sapma Pemuda Pancasila Lubuklinggau--Instagram: ihcreative24

LUBUKLINGGAU,LINGGAUPOS.CO.IDG30S PKI adalah peristiwa yang kelam di masa lalu, dan membuat luka pahit yang mendalam, begitu juga bagi pemuda Pancasila.

Pemuda Pancasila juga ikut andil untuk membasmi serta membantai PKI pada masa itu, Pemuda Pancasila (PP) adalah organisasi paramiliter yang didirikan oleh jenderal AH Nasution di tahun 1959 tepatnya pada 28 Oktober 1959, berarti pada saat ini PP sudah berusia 64 tahun.

“Pemuda Pancasila itu lahir dari panggilan sejarah lahir pas bertepatan pada 28 oktober 1959 bertepatan pada hari sumpah pemuda waktu itu” Ujar Ahmad Prayogi Ketua Sapma PP lubuklinggau yang dikutip LINGGAUPOS.CO.ID di program podcast GUSUR di chanel IH Creative.

Pemuda Pancasila juga merupakan organisasi kepemudaan (OKP) yang anti komunis, maka sebab itu juga organisasi ini ikut dalam pembantaian orang-orang yang berada di partai komunis Indonesia.

BACA JUGA:Mengenal 7 Sosok Pahlawan Revolusi saat Peristiwa G30S PKI 1965

“Musuh utama dari Pemuda Pancasila adalah PKI” Kata Ahmad Prayogi.

Nama organisasi Pemuda Pancasila dulunya bernama Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia (IPKI) merupakan sayang politik dari para petinggi-petinggi militer yang berdinas pada tahun 1950 an.

“Sebelumnya juga pemuda Pancasila ada melahirkan lagi yaitu IPKI (Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia) ini diisi pada waktu itu diisi para jendral-jendral salah satunya yaitu jenderal AH Nasution” tambah Ahmad Prayogi.

Adapun tokoh-tokoh pendirinya antara lain adalah Ahmad Yani, AH Nasution, Gatot Subroto dan lainnya.

BACA JUGA:Mengenang Peristiwa Faktor Penyebab Terjadinya Peristiwa G30S PKI

Pada masa revolusi kemerdekaan, para tokoh militer dilarang terjun di bidang politik, atau dwi fungsi abri larangan untuk ikut aktif dalam politik praktis, bagi militer dan polisi sampai saat ini.

Ketika PKI saat itu membentuk pemuda rakyat (PR) IPKI juga membentuk Pemuda Pancasila (PP) tepatnya di hari sumpah pemuda pada 28 Oktober 1959.

“Pada saat masa tahun itu pemberontakan keberingasan PKI sedang merongrong negara puncaknya pada tahun 1965, tidak lama setelah PKI melahiran pemuda rakyat, tidak lama IPKI pada saat itu membentuk Pemuda Pancasila” Kata Ketua Sapma Lubuklinggau

Catatan: Pemuda Pancasila adalah organisasi yang berperan penting dalam mendukung kemiliteran pada era Soeharto pada 1965.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: youtube ih creative