Mengenang Peristiwa Faktor Penyebab Terjadinya Peristiwa G30S PKI

Mengenang Peristiwa Faktor Penyebab Terjadinya Peristiwa G30S PKI

Mengenang Peristiwa Faktor Penyebab Terjadinya Peristiwa G30S PKI--

LINGGAUPOS.CO.ID – 30 September 1965 merupakan hari yang sangat kelam bagi bangsa Indonesia. Dipagi yang buta disaat orang terlelap dalam mimpi indah peristiwa yang sangat memilukan terjadi. Sebuah gerakan kudeta dilaksanakan oleh organisasi yang bernama PKI dengan menculik perwira tinggi dari TNI Angkatan Darat.

Mereka yang menjadi korban dalam peristiwa tersebut adalah Letjen Ahmad Yani, Mayjen Raden Soeprapto, Mayjen Mas Tirtodarmo Haryono, Mayjen Siswondo Parman, Brigjen Donald Isaac Panjaitan, Brigjen Sutoyo Siswomiharjo, Lettu Pierre Andreas Tendean.

G30S/PKI merupakan salah satu peristiwa yang akan selalu teringat di dalam benak bangsa Indonesia. Mungkin sebagian dari anda masih belum memahami penyebab G30S/PKI terjadi.

Menurut istilah ini kita sudah dapat menyimpulkan bahwa Partai Komunis Indonesia merupakan inisiator di balik gerakan tersebut. Gerakan tersebut menewaskan 6 jenderal dan satu perwira militer Indonesia.

BACA JUGA:Sejarah G30S PKI, yang Tidak Akan Terhapus Oleh Waktu, Simak Kronologinya Berikut ini

Lantas apa faktor penyebab G30S/PKI? Berikut adalah ulasan yang akan membahas tentang penyebab di balik terjadinya peristiwa G30S/PKI.

Berikut 5 faktor penyebab terjadinya peristiwa G30S/PKI

1. Dominasi Ideologi NASAKOM

Ideologi Nasakom atau Nasionalisme, Agama, dan komunisme pada masa kepemimpinan presiden Soekarno diberlakukan dengan seimbang sejak masa Demokrasi Terpimpin(1959 – 1965). Pemberlakuan ideology Nasakom menjadi jalan PKI untuk mengganti ideologi pancasila menjadi komunis di Indonesia.

BACA JUGA:Harus Tau Tokoh Penting yang Terlibat dalam G30S/PKI dan Korban

2. Pertentangan antara PKI dan TNI

Hubungan kurang baik antara PKI dan TNI menjadi salah satu faktor lain yang mendorong adanya G30S/PKI. Ketidakharmonisan TNI dan PKI diawali oleh dibentuknya angkatan kelima yang diinisiasi PKI.

TNI Angkatan Darat menentang hal tersebut. Kondisi ini membuat membuat hubungan keduanya tidak harmonis. Hubungan PKI dengan TNI semakin memanas setelah munculnya hasutan dan konfrontasi antara rakyat dengan TNI.

3. Kondisi Kesehatan Presiden Soekarno

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: