Mengenal 7 Sosok Pahlawan Revolusi saat Peristiwa G30S PKI 1965

Mengenal 7 Sosok Pahlawan Revolusi saat Peristiwa G30S PKI 1965

Mengenal 7 Sosok Pahlawan Revolusi saat Peristiwa G30S PKI 1965--

LINGGAUPOS.CO.ID - Mari kita mengenal 7 sosok pahlawan Revolusi dalam peristiwa G30S PKI yang tragis, Simak informasi selengkapnya disini.

Peristiwa G30S PKI adalah sebuah peristiwa bersejarah yang terjadi dalam malam tanggal 30 September hingga awal 1 Oktober 1965 di Indonesia.

Dari peristiwa G30S PKI tersebut menyisakan sejumlah korban dari kalangan petinggi TNI AD, yaitu 7 pahlawan revolusi yang diculik, disiksa hingga dibunuh pada 1 Oktober 1965.

Jasad mereka ditemukan di sebuah sumur tua, di daerah Lubang Buaya dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

BACA JUGA:Mengenang Peristiwa Faktor Penyebab Terjadinya Peristiwa G30S PKI

Para sosok pahlawan yang gugur itu dinyatakan sebagai Pahlawan Revolusi dan memperoleh pangkat anumerta, hal ini berdasarkan pada surat keputusan Presiden RI No III/Koti/Tahun 1965 tanggal 5 Oktober 1965.

Sejak Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009 berlaku, gelar Pahlawan Revolusi juga termasuk Pahlawan Nasional.

Sebagian besar perwira yang menjadi korban peristiwa ini merupakan jenderal yang berpengaruh kuat pada era pemerintahan Soekarno.

Nah, berikut ini informasi dari ketujuh Pahlawan Revolusi tersebut, seperti yang dikutip dari buku Ensiklopedia Pahlawan Nasional karya Julinad Said dan Triana Wulandari, diterbitkan oleh Kemendikbud.

BACA JUGA:Sejarah G30S PKI, yang Tidak Akan Terhapus Oleh Waktu, Simak Kronologinya Berikut ini

7 Pahlawan Revolusi Peristiwa G30S PKI

1. Jenderal Anumerta Ahmad Yani

Sosok Ahmad Yani adalah komandan TNI AD, ia lahir tanggal 19 Juni 1922 di Jenar, Purworejo. Pada masa kolonialisme Jepang, dia ikut Pendidikan Heiho di Magelang dan Pendidikan tentara Pembela Tanah Air atau PETA di Bogor.

Jenderal TNI Anumerta Ahmad Yani pernah mendapat julukan juru selamat dari rakyat Magelang, Jawa Tengah. Julukan itu diterima Ahmad Yani tidak lama setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: buku ensiklopedia pahlawan nasional karya julinad said dan triana wulandari