Waspada, ini Tanda-tanda Gejala Gula Darah Tinggi

Waspada, ini Tanda-tanda Gejala Gula Darah Tinggi

Gejala gula darah tinggi yang sering terjadi saat buang air besar atau kecil.-Foto: net-

LINGGAUPOS.CO.ID - Gejala gula darah tinggi ternyata bisa terlihat dari Buang Air Besar (BAB). Waspadai sejumlah gejala kenaikan kadar gula darah yang bisa muncul saat BAB berikut ini.

Banyak penderita diabetes sering kali tidak menyadari lonjakan kadar gula darah dalam tubuh. Padahal, kadar gula darah yang terlampau tinggi bisa menyebabkan kerusakan pada berbagai organ tubuh.

Gejala gula darah tinggi bisa muncul saat buang air besar. Gejala awal kondisi ini bisa mempengaruhi berbagai fungsi tubuh, termasuk kebiasaan buang air besar.

Gula darah tinggi yang sering atau berkelanjutan dapat menyebabkan kerusakan pada saraf, pembuluh darah, dan organ. Ini juga dapat menyebabkan kondisi serius lainnya.

BACA JUGA:Jalan Alternatif Musi Rawas-Palembang Penganti Tol Muara Enim-Lubuk Linggau Diresmikan

Gejala gula darah tinggi kadang kerap muncul saat Buang Air Besar (BAB) dan banyak penderitanya kurang menyadari hal tersebut.

Penyakit gula darah tinggi yang juga disebut dengan diabetes, seiring waktu, kadar gula darah yang tinggi secara konsisten dapat menimbulkan kerusakan pada tubuh.

Diare saat BAB juga menjadi salah satu tanda kerusakan gula darah tinggi tipe 2, yaitu suatu kondisi yang ditandai dengan buang air besar yang lebih encer atau lebih sering dari biasanya.

Dilansir dari Express UK, Dr Angela Rai, dokter umum di The London General Practice menjelaskan mekanisme yang mendasari diabetes tipe 2.

BACA JUGA:Perkembangan Kasus Adik Bupati Muratara Dilapor ke Polda Sumatera Selatan, Begini Kata Direskrimum

"Diabetes tipe 2 dapat menyebabkan kerusakan saraf dan menyebabkan kondisi yang disebut neuropati otonom," jelas Angela Rai.

Neuropati otonom mempengaruhi organ yang berbeda dan dapat mempengaruhi kontrol tekanan darah, sistem pencernaan, kontrol kandung kemih dan fungsi seksual.

Neuropati otonom juga dapat menyebabkan konstipasi, di mana Anda tidak buang air besar secara teratur seperti biasanya, ia memperingatkan.

Ada beberapa alasan mengapa sembelit dapat muncul pada penderita diabetes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber