Idul Adha 1444 H Tanggal Berapa? Ada 2 Kriteria Penetapan

Idul Adha 1444 H Tanggal Berapa? Ada 2 Kriteria Penetapan

Salat Id di Masjid Agung As Salam Lubuklinggau beberapa tahun lalu--

JAKARTA, LINGGAUPOS.CO.IDIdul Adha 1444 H atau 2023 di Indonesia belum ditetapkan oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama Republik Indonesia.

Biasanya, pemerintah akan menetapkan Idul Adha pada 29 Zulhijah. Yang juga menetapkan awal bulan Zulhijah. Penetapan itu, setelah dilakukan sidang isbat oleh Kemenag.

Kemenag sendiri menetapkan menurut kriteria Menteri-Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapore (MABIMS), yakni tinggi bulan sekurang-kurangnya 3 derajat dan untuk elongasi (jarak bulan dan matahari) 6,4 derajat.

Itulah kriteria MABIMS, untuk hilal dapat dilihat. Kalau kriteria itu belum terpenuhi, berarti tidak dapat dilihat.

BACA JUGA:Jemaah Haji Rayakan Idul Adha di Arab Saudi Pada 28 Juni 2023, Berikut Rencana Perjalanan Haji 2023

Karena belum dapat dilihat, maka menurut kriteria MABIMS keesokan harinya belum terpenuhi syarat untuk memasuki bulan baru.

Sebaliknya kalau hilal terlihat menurut kriteria tersebut, maka keesokan harinya memasuki bulan baru.

Kemudian ada versi lain, yakni yang digunakan oleh Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, yakni kriteria  Wujudul Hilal.

Dijelaskan Ketua PP Muhammadiyah, Prof Dr H Syamsul Anwar, Muhammadiyah dalam menetapkan awal bulan Qomariah, termasuk Ramadan, Syawal, dan Zulhijah tidak berdasarkan pada penampakan.

BACA JUGA:Pemerintah Tetapkan Idul Adha 2023, Pada 29 Zulkaidah 1444 H

“Sedangkan menurut kriteria Wujudul Hilal yang tidak berpatokan kepada penampakan yaitu tidak terlihat dan terlihatnya, maka keesokan harinya sudah memasuki bulan baru,” katanya.

Karena itu juga, Muhammmadiyah sudah menetapkan Idul Adha 1444 H (10 Zulhijah 1444 H) jatuh pada Rabu, 28 Juni 2023.

Sementara itu, sesuai dengan Maklumat Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah No.1/MLM/I.0/2023 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal dan Zulhijah 1444 H.

Melalui maklumat itu PP Muhammadiyah mengumumkan Zulhijah 1444 Hijriah berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: