Wow! Jurusan Ilmu Komunikasi Masih Favorit Bagi Mahasiswa

Wow! Jurusan Ilmu Komunikasi Masih Favorit Bagi Mahasiswa

Ilustrasi wawancara cegat (door-stop). --

JAKARTA, LINGGAUPOS.CO.ID - Jurusan Ilmu Komunikasi hingga saat ini masih menjadi salah satu mata kuliah favorit oleh calon mahasiswa baru.

Ilmu komunikasi merupakan salah bidang yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari, sehingga selalu berkembang dan  selalu dibutuhkan informasi.

Jurusan Ilmu Komunikasi adalah program studi yang mempelajari proses penyampaian pesan secara efektif agar dapat diterima oleh masyarakat.

Di antara semua jurusan pada Perguruan Negeri, ternyata jurusan ilmu komunikasi memiliki jumlah peminat yang banyak. 

BACA JUGA:Warga Kalianda Lampung Selatan Nginap Sebulan, Demi Berobat dengan Ida Dayak di Lubuklinggau

BACA JUGA:Kades di Musi Rawas Habiskan Rp989 Juta untuk Foya-foya, Termasuk Ajak Istri Muda Jalan-jalan

Hal ini disebabkan karena komunikasi adalah salah satu bidang yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari dan dasar ilmu dari berbagai profesi, sehingga selalu berkembang dan selalu dibutuhkan.

Ilmu komunikasi yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari dan profesi seperti public relations, copywriting, jurnalistik, hingga advertising. 

Bahkan diketahui pada pendaftaran SBMPTN 2022 kemarin, Ilmu Komunikasi juga menjadi salah satu jurusan dengan pendaftar terbanyak di beberapa PTN (Perguruan Tinggi Negeri).

Jurusan Ilmu Komunikasi adalah program studi yang mempelajari proses penyampaian pesan secara efektif agar dapat diterima dan dipahami oleh khalayak. 

BACA JUGA:Mengapa 2 Wanita Muda di Lubuklinggau ini Bermasalah dengan Hukum, ini Ceritanya

BACA JUGA:Mau Daftar UKT Jalur SNBP, SNBT dan Mandiri 2023 Lengkap? ini Biaya Kuliah di Universitas Gajah Mada

Selain itu, jurusan Ilmu Komunikasi mempelajari komunikasi dalam berbagai tingkatan, seperti antar individu, kelompok, media, budaya, dan lain sebagainya.

Ilmu komunikasi akan memberikan pelajaran dan wawasan yang penting bagi kamu dalam menghadapi tantangan dunia kerja yang membutuhkan soft skill dan hard skill di dalamnya. 

Mata Kuliah Ilmu Komunikasi

Dilansir dari laman brainacademy, ada perkuliahan tahun pertama, mahasiswa Ilmu Komunikasi bertemu dengan beberapa mata kuliah umum, seperti Pengantar Ilmu Komunikasi, Pengantar Ilmu Politik, Pengantar Antropologi, Filsafat Komunikasi dan sejenisnya. 

BACA JUGA:Karena Jalan-jalan dengan Istri Muda ke Palembang, Kades di Musi Rawas Dituntut Bayar Rp898 Juta

BACA JUGA:Kapan Idul Adha 1444 H? ini Jadwal Lengkap Libur Nasional dan Cuti Bersama

Karena termasuk rumpun Soshum, mata kuliah yang dipelajari masih berkaitan dengan ilmu Sosial yang lain.

Baru di semester 3 dan 4, kamu bakal belajar macam-macam ilmu komunikasi di berbagai tingkatan. Bagaimana berkomunikasi dengan individu, kelompok, atau saat berbisnis. 

Ada juga komunikasi massa yang mempelajari metode mengemas pesan di televisi, radio, dan media online. 

Menariknya ada mata kuliah Psikologi Komunikasi. Pada mata kuliah ini akan dilatih menjadi komunikator yang baik agar pesan dapat diterima secara jelas dan tidak menyinggung lawan bicara.

BACA JUGA:Wajib Tahu! 4 Daerah Paling Jauh di Sumatera Selatan, Lubuklinggau Butuh 7 Jam Perjalanan dari Palembang

BACA JUGA:Soal Kepastian Kedatangan Ida Dayak, Ada Permintaan Wali Kota Lubuklinggau Kepada Masyarakat

Naik ke semester 5 dan 6, kamu diperbolehkan mengambil mata kuliah peminatan. Misal, kamu memilih Jurnalistik sebagai peminatan.

Maka mata kuliah yang akan kamu dapatkan adalah yang berkaitan dengan Jurnalistik. Contohnya, Dasar-dasar Jurnalistik, Hukum, dan Etika Jurnalistik, Bahasa Jurnalistik, atau Teknik Wawancara.

Kemudian di semester 7, ada yang namanya Magang. Anak Komunikasi bisa magang di berbagai tempat, kayak stasiun TV, radio, production house, kementerian, konsultan humas, ahensi periklanan, dan lain-lain. 

Kalau sudah magang, siap-siap menyusun skripsi di semester 8. Nah, gelar untuk mahasiswa Komunikasi ada 2, yaitu S. Ikom atau S.Sos jika berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP).(disway)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: