Idul Fitri, Muhammadiyah Akan Laksanakan Salat Id di Lapangan Kurma Lubuklinggau

Idul Fitri, Muhammadiyah Akan Laksanakan Salat Id di Lapangan Kurma Lubuklinggau

Halaman Masjid Agung As Salam Lubuklinggau atau lapangan kurma, akan digunakan oleh Muhammadiyah Lubuklinggau melaksanakan Salat Idul Fitri 1444 H pada Jumat 21 April 2023-foto: agung perdana linggaupos.co.id-

LUBUKLINGGAU, LINGGAUPOS.CO.ID – Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah sudah menetapkan bahwa Idul Fitri 1 Syawal 1444 H jatuh pada Jumat 21 April 2023.

Sementara pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama (Kemenag) akan melaksanakan sidang isbat penetapan 1 Syawal 1444 H, pada Kamis 20 April 2023.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memprakirakan bahwa akan ada perbedaan penetapan 1 Syawal 1444 H antar Muhammadiyah dengan pemerintah.

Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Lubuklinggau, akan melaksanakan Salat Id, pada Jumat 21 April 2023, mengikuti maklumat PP Muhammadiyah.

BACA JUGA:Muhammadiyah Rayakan Idul Fitri 1444 H Lebih Dulu dari Pemerintah? ini Penjelasan Haedar Nashir

Informasi yang diterima, PDM Lubuklinggau, akan melaksanakan Salat Id di lapangan kurma Lubuklinggau atau halaman Masjid Agung As Salam Lubuklinggau.

Hanya saja mengenai informasi ini, belum bisa dipastikan.

Ketua PDM Lubuklinggau, dr Mast Idris Usman E, ketika ditanya mengenai lokasi Salat Id, menjelaskan sedang didiskusikan.

Sementara itu pengalaman pada Idul Adha 1443 H/2022 M, di mana Muhammadiyah melaksanakan Idul Adha lebih dahulu dibandingkan pemerintah.

BACA JUGA:Arab Saudi Diperkirakan Idul Fitri 1444 H Pada 21 April 2023, Sama dengan Muhammadiyah

Saat itu, Salat Id dilaksanakan di halaman perguruan Muhammadiyah di Jalan Letkol Atmo Kelurahan Bandung Kiri Kecamatan Lubuklinggau Barat I.

Sementara itu, Sekretaris PDM Musi Rawas Rusdi menjelaskan pihaknya merencanakan melaksanakan Salat Id di beberapa lokasi, sesuai dengan posisi Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) di masing-masing kecamatan.  

Untuk sementara ia menjelaskan ada 8 lokasi atau titik tempat Salat Id yang akan dilaksanakan pada Jumat 21 April 2023.

Ke-8 lokasi itu adalah sebagai berikut:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: