Tradisi Unik Merayakan Idul Fitri di 16 Negara, di Fiji Paling Unik

Tradisi Unik Merayakan Idul Fitri di 16 Negara, di Fiji Paling Unik

Ilustrasi Idul Fitri-nube_art07-Pixabay

Hampir sama seperti di Indonesia, tradisi dalam menyambut lebaran Idul Fitri juga ditandai dengan mudik, makanan khas ketupat, dan bersilaturahmi bersama keluarga dan sanak saudara.

3. Tiongkok

Meskipun bukan mayoritas penduduknya muslim namun umat muslim di Tiongkok tetap merayakan Idul Fitri sebagaimana mestinya yaitu dengan salat Id, bersilaturahmi, hingga mengunjungi makam para leluhur mereka.

BACA JUGA:Penetapan Idul Fitri 1444 H Berpotensi Berbeda, Berikut Penjelasan Kemenag

Momen lebaran Idul Fitri ini biasanya paling terasa di provinsi Xinjiang dan Yunnan yang sebagian penduduknya muslim.

4. Jepang

Siapa sangka negara bunga sakura Jepang, ternyata juga memiliki tradisi sendiri bagi muslim di sana dalam merayakan hari raya Idul Fitri.

Di Jepang, setelah menunaikan salat Idul Fitri, biasanya masyarakat akan saling bersilaturahmi, duduk bersama dan menikmati makanan yang telah disediakan oleh panitia masjid.

BACA JUGA:Arus Mudik Balik Idul Fitri 1444 H, Ada One Way, Contra Flow dan Ganjil Genap Jalan Tol, ini Daftar Lengkapnya

5. India
Memiliki jumlah penduduk muslim yang cukup besar, negara India juga memiliki tradisi sendiri dalam merayakan Idul Fitri setiap tahunnya.

Usai melaksanakan salat Id, biasanya dilanjutkan dengan bersilaturahmi dan menikmati bersama makanan khas lebaran bernama Siwaiyaan, berupa campuran bihun manis dengan susu dan buah-buahan kering.

Adapula Ada juga makanan khas seperti mutton biryani atau sheer khurma.

Selain itu para wanita di sana juga melukis tangan mereka menggunakan henna (sejenis kutek) untuk menambah kecantikan di hari raya Idul Fitri.

BACA JUGA:Hati-hati, Jelang Idul Fitri 1444 H Uang Palsu Beredar, Polres Lubuklinggau Lakukan Ini

6.  Turki

Di Turki, Perayaan hari raya Idul Fitri, biasa disebut dengan Ramazan Bayrami, yang artinya Festival Ramadhan. Ada juga yang menamainya dengan sebutan Seker Bayrami atau Festival Manisan.

Setelah melaksanakan salat Idul Fitri biasanya masyarakat saling bersilaturahmi dengan mengucapkan "Bayramini Kutlu Olsun", "Mutlu Bayramlar", atau Bayraminiz Mubarek Olsun".

Para anak-anak juga akan mengunjungi rumah orang yang lebih tua dan akan diberikan hadiah berupa coklat, permen, uang hari raya, bahkan makanan khas Turki seperti lokum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber