Hati-hati, Jelang Idul Fitri 1444 H Uang Palsu Beredar, Polres Lubuklinggau Lakukan Ini

Hati-hati, Jelang Idul Fitri 1444 H Uang Palsu Beredar, Polres Lubuklinggau Lakukan Ini

Polres Lubuklinggau mulai melakukan antisipasi terjadinya kejahatan 3C dan peredaran uang palsu-foto: agung perdana linggaupos.co.id-

LUBUKLINGGAU, LINGGAUPOS.CO.ID – Jelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H rawan aksi kejahatan. Baik pencurian disertai dengan kekerasan (Curas), pencurian kendraan bermotor (Curanmor) maupun pencurian dengan pemberatan (Curat).  

Tidak hanya aksi kejahatan 3C (Curas, Curanmo,Curat), peredaran uang palsu (Upal) juga sangat rawan terjadi menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H.   

Aksi kejahatan 3C dan peredaran Upal jelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H ini menjadi perhatian serius aparat kepolisian khususnya Polres Lubuklinggau. 

Sejumlah anggota mulai diterjunkan ke lapangan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H untuk mengawasi titik-titik wilayah di Kota Lubuklinggau yang rawan aksi kejahatan.  

BACA JUGA:Pemerintah akan Tetapkan Idul Fitri 1444 H, Melalui Sidang Isbat Pada 20 April 2023

Kapolres Lubuklinggau AKBP Harissandi mengaku sudah menyampaikan jauh hari sejak puasa pertama agar anggota melakukan ansisipasi aksi kejahatan.

Sebab biasanya yang sering terjadi selama Ramadhan dan jelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H rawan kejahatan 3C dan peredaran Upal. 

“Biasanya kerawanan yang sering terjadi adalah 3C. Biasanya adalah perampokan, jambret, begal maupun uang palsu (Upal),” tegas Kapolres AKBP Harissandi.

Kapolres AKBP Hariissandi juga mengaku telah memerintahkan anggota Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrrim), Satuan Intelijen Keamanan (Sat Intelkam) maupun Satres Reserse Narkoba untuk menindaklanjuti semua aksi kejahatan.

BACA JUGA:Arab Saudi Diperkirakan Idul Fitri 1444 H Pada 21 April 2023, Sama dengan Muhammadiyah

“Apabila terjadi tindak pidana 3C maupun tindak pidana lainnya yang menyangkut masyarakat agar masyarakat tidak dirugikan. Termasuk itu uang palsu,” tegasnya.

Kapolres juga mengimbau kepada masyarakat apabila ada yang menemukan uang palsu untuk segera melapor ke pihak berwajib.

Terkait dengan persiapan arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1444 H, Polres Lubuklinggau membentuk tim khusus bertugas memberikan kenyamanan kepada pemudik saat melintas dj jalur mudik lebaran di Lubuklinggau.

Tim tersebut gabungan dari anggota Buru Sergap (Buser), Satuan Sabhara, Sat Intelkam dan Sat Narkoba.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: