Ini Sederet Manfaat Konsumsi Cincau Hitam, Bisa Bantu Jaga Kesehatan Jantung?

Ini Sederet Manfaat Konsumsi Cincau Hitam, Bisa Bantu Jaga Kesehatan Jantung?

Manfaat Konsumsi Cincau Hitam-Ziqri Food Malaysia-Facebook--

LINGGAUPOS.CO.ID - Tidak hanya nikmat dan menyegarkan, cincau juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Manfaat cincau berasal dari kandungan nutrisi dan senyawa aktif di dalamnya.

Bahan minuman ini juga dipercaya dapat mencegah berbagai penyakti kronis, seperti penyakit jantung dan diabetes.

Cincau merupakan bahan minuman yang terbuat dari ekstrak daun cincau. Ekstrak daun ini awalnya berbentuk cair, kemudian dapat mengental dan sedikit mengeras sehingga teksturnya menyerupai agar-agar.

Cincau biasanya ditambahkan ke dalam berbagai jenis minuman, seperti es campur, es cincau, atau milk tea.

BACA JUGA:Wajib Tahu! Usai Makan Salak Bijinya Jangan Dibuang, Ini Manfaatnya

Cincau hitam merupakan bahan makanan yang terbuat dari daun mesona atau Mesona chinensis yang tumbuh di beberapa negara Asia seperti Indonesia, Malaysia, dan Taiwan.

Daun mesona yang sudah dicuci kemudian direbus dan diproses dengan cara ditambahkan gula dan air hingga mengental dan membentuk jelly berwarna hitam.

Cincau hitam memiliki rasa yang segar dan kenyal serta sering dijadikan sebagai campuran dalam minuman dingin seperti es cincau, es cendol, dan es campur.

Selain itu, cincau hitam juga bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan seperti bubur cincau, puding, atau bahkan dimakan langsung sebagai camilan.

BACA JUGA:Super Lengkap ! Bank Mandiri Sematkan Fitur Pemesanan SBN Ritel di Livin’ by Mandiri

Cincau hitam mengandung senyawa aktif yang bernama flavonoid, polifenol, dan asam galat.

Senyawa ini memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Ditambah lagi, Cincau hitam juga mengandung serat, karbohidrat, vitamin, dan mineral seperti kalsium, zat besi, fosfor, dan magnesium.

Karena kandungan seratnya yang tinggi, cincau hitam dapat membantu memperbaiki pencernaan dan mencegah sembelit.

BACA JUGA:Yuk Simak, Ini Tata Cara Niat Puasa Ramadan yang Benar Sesuai Praktik Nabi Muhammad SAW

Bahkan kandungan kalsiumnya yang cukup tinggi dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Cincau hitam juga diketahui dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mencegah degenerasi makula, serta meningkatkan aliran darah ke otak dan memperbaiki kinerja otak.

Namun, sebaiknya dikonsumsi dengan jumlah yang sesuai agar tidak menyebabkan efek samping seperti gangguan pencernaan atau diare.

Selain itu, sebaiknya konsumsi cincau hitam yang sudah diproses secara higienis untuk menghindari risiko terkena penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau kuman.

BACA JUGA:Tingkatkan Pengetahuan Siswa, SMAN 4 Lubuklinggau Adakan Seminar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Berikut adalah beberapa manfaat cincau hitam yang diketahui:

- Menurunkan Kolesterol Darah: Cincau hitam mengandung serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL atau "kolesterol jahat" dalam darah, sehingga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

- Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan: Kandungan serat dalam cincau hitam dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan, mencegah sembelit, dan melancarkan buang air besar.

- Menjaga Kesehatan Tulang: Cincau hitam mengandung kalsium yang baik untuk Kesehatan Tulang dan gigi.

BACA JUGA:Pilkades Musi Rawas Rawan Konflik, Polisi Berikan Pengawasan di 2 Daerah

- Menjaga Kesehatan Kulit: Kandungan antioksidan dalam cincau hitam dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas dan merangsang produksi kolagen.

- Meningkatkan Kesehatan Mata: Cincau hitam mengandung beta-karoten yang dapat membantu menjaga Kesehatan Mata dan mencegah degenerasi makula.

- Menjaga Kesehatan Jantung: Kandungan flavonoid dan polifenol dalam cincau hitam dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mencegah risiko penyakit jantung.

- Menjaga Kesehatan Otak: Kandungan zat besi dalam cincau hitam dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak dan memperbaiki kinerja otak.(*)

Artikel ini sudah tayang di disway.id dengan judul: Manfaat Konsumsi Cincau Hitam Bisa Bantu Jaga Kesehatan Jantung? Ini Sederet Faktanya

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id